280 Pedayung Dari Berbagai Negara, Adu Kekuatan di Sungai Musi Banyuasin

MAKLUMATNEWS.com, BANYUASIN – Ratusan pedayung dari berbagai negara, tiba di etape IV Musi Triboatton VI, dermaga  Pengumbuk, Desa Tebinb Abang kecamatan Banyuasin, Sabtu (11/11/2017).

Dermaga pengumbuk ini merupakan etape terakhir yang akan dilalui sebelum menyentuh finish di etape Palembang.

Dari sungai musi Banyuasin, para peserta akan menyusuri sungai Musi sepanjang 108 KM munuju finish di etape terakhir Benteng Kuto Besar (BKB) Palembang.

Di etape Banyusin ini, para peserta dari berbagai negara diantaranya, Indonesia, China, Canad, Pranalcis, Yordani dan Brunai, di sambut oleh ratusan warga perairan Kecamatan Rantau Bayur berbaris menyaksikan perlombaan olah raga air antar negara tersebut.

Bupati Banyuasin Supriono mengatakan, even tahunan ini tidak sekedar olahraga, tapi juga merupakan ajang promosi yang mengangkat pariwisata dan budaya eksotis daerah-daerah tepian sungai Musi di Sumsel, termasuk Banyuasin. “Khusus di Banyuasin, kaya dengan flora dan fauna nya, mulai dari kawanan buaya muara, hutan mangrov, hingga wisata Taman Nasional Sembilang yang setiap tahun didatangi jutaan burung migran sari Siberia,” katanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata Banyuasin Harun Samsudin,International Musi Triboatton ini menyusuri sungai Musi yang membelah Provinsi Sumsel sejauh 450 km yang terdiri dari V etape.

“Mempertandingkan nomor rafting atau arung jeram, kayak dan traditional boat,” katanya.

Para peserta memulai start di etape I Desa Terusan, Kabupaten Empatlawang, menyusuri sungai Musi dengan jarak 35 Km pada 8 November 2017.  Keesokan harinya, 9 November peserta akan menyusuri etape II dengan start dan check point di Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) sejauh 140 Km.

Etape III pada 10 November, peserta akan menyusuri sungai Musi sejauh 165 km dengan start dan check point di Sekayu Water Front Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

” Banyuasin kebagian etape IV, yang merupakam etape terakhir disinggahi peserta sebelum finish di etape Palembang,” katanya.

Sementara itu Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem mengatakan, prosesi perlombaan antar megara tersebut berlangsung kondusif. Ratusan petugas yang terdiri dari TNI, Polri dan Sat Pol PP bersama warga setempat, dikerahkan untuk menjaga keamanan. “Kita terapkan sistem pengamanan terbuka dan tertutup, selama kegiatan berlangsung situasi tertib dan kondusif,” singkatnya.

Penulis     : Hana