Buaya yang Teror Warga Ternyata Buaya Artis

MAKLUMATNEWS.com, BANYUASIN – Buaya rawa yang sempat membuat kawasan Perumahan Intan Permai Kelurahan Talang Keramat, Banyuasin ternyata bukan buaya sembarangan.

Menurut pengakuan Bayu pemilik buaya tersebut, reptil itu dipeliharanya sejak masih anakan dua tahun lalu dan sudah jinak. “Banyak kenangannya, buaya ini bahkan pernah ikut main film, saat syuting di Taman Wisata Punti Kayu beberapa waktu lalu,” katanya.

Dia berharap masih bisa diizinkan memilhara hewan kesayangannya tersebut.  “Saya berani membuat suray perjanjian akan mengurusnya dengan baik dan bertanggung jawab bila terjasi sesuatu,” katanya.

Namun permintaan itu tidak dapat dipenuhi, Lurah setempat tidakemberikan izin karena terlalu berbahaya bagi masyarakat sekitar. “Bila buaya itu lepas lagi masyarakat menghadapi dua kesulitan, satu sisi hewan ini mengancam nyawa manusia di sisi lain hewan ini dilindungi negara dan menyakitinya melanggar hukum, apalagi membunuh,” ujar Yahya Lurah Talang Keramat menanggapi.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil penelitian peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesi (LIPI) terdapat empat jenis buaya yang hidup di Indonesia.  Antara lain, buaya muara (Crocodylus porosus), buaya siam (Crocodylus siamensis), buaya irian (Crocodylus novaeguineae), dan Buaya sepit atau Senyulong (Tomistoma schlegelii).

Di antara keempat jenis buaya itu, buaya muara merupakan yang paling ganas. Tubuhnya mencapai 7-8 meter dan memiliki daya adaptasi yang tinggi, habitatnya dari hulu sungai hingga ke laut.

Penulis    : Hana