PPS Harus Hindari Pertemuan Dengan Timses

MAKLUMATNEWS.com, BANYUASIN – Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Banyuaisn diwanti untuk tidak menjalin ‘hubungan khusus’ dengan tim sukses.

Komisioner KPUD Banyuasin Agus Suprianton mengatakan, PPS adalah perpanjangan tangan KPUD, mereka merupakan ujung tombak kesuksesan pemilihan umum. Karena terlibat langsung pemilihan di tingkat desa. “Jaga netralitas, jangan berpihak dengan kandidat manapun, bila perlu hindari bertemu dengan tim sukses. Karena masalah pemihan suara ini rentan,” ungkap Agus saat Pelantikan PPS untuk Empat Kecamatan di Graha Insani, Talang Jambi, Palembang.

Agus menegaskan, setiap penyelenggara Pemilu baik KPU, PPK maupun PPS, telah memiliki tugas pokok dan fungsi serta petunjuk teknis dalam menjalankan tugasnya. Beri perlakuan yang sama pada setipa partai politik, tidak boleh berat sebelah. Apalagi sampai menyalahgunakan kekuasaanya untuk kepentingan kelompok atau individu, ancaman sanksi hukumanya lebih berat.

“Jika melanggar Tupoksi, bisa dipecat sebagai PPS, tapi kalau melanggar pokok hukumnya, alamat masuk penjara,” tegas Agus.

Apalagi sebelum bertugas, para anggota PPS telah disumpah atas nama tuhan dan agama nya masing-masing. “Artinya, bila melakukan kecurangan, bukan hanya tanggung jawab di dunia tapi juga di akherat,” katanya.

Dia juga mengingatkan agar ekstra hati-hati dan teliti dalam membuat laporan keungan. Karena pertanggung jawaban keuangan ini juga rawan, bila salah-salah dapat berurusan dengan hukum. “Sering-sering bertanya pada yang faham, ikuti Bimtek dengan serius,” katanya.

Dia menambahkan sebanyak 912 anggota PPS ini dikukuhkan dan diambil sumpah. Pengukuhan dibagi menjadi 7 zona.  Untuk zona III di Graga Bandara Insani ini dikukuhkan 174 anggota PPS dari 4 kecamatan. Sebanyak 36 PPS dari kecamatan Talang Kelapa, 45 dari kecamatan Tanjung Lago, 63 dari kecamatan Muara Telang dan 30 dari kecamatan Sumber Marga Telang.

Penulis    : Hana