Terdampak Penimbunan Perumnas, Pemukiman di Talang Keramat Terendam Banjir

MAKLUMATNEWS.com, BANYUASIN – Penimbunan rawa yang dilakukan oleh Perum Perumnas di kawasan Talang Keramat berdampak bencana bagi warga sekitar. Terutama perumahan di sekitar Pondok Pesantren Maariful Ulum Rt/RW 15/3 yang akhir-akhir ini kerap kebanjiran.

Lurah Talang Keramat Yahya MH mengatakan, sebelumnya kawasan tersebut tidak pernah terkena banjir. Ini mulai terjadi setelah pihak Perumnas meninbun puluhan hektar  rawa lebak untuk membuat perumahan. “Rawa sebagai serapan air ditimbun, sementara saluran drainse tidak memadai,  hingga menyebabkan banjir,” katanya.

Pihaknya meminta agar Perum Perumnas mengecek lagi saluran air agar denit air yang turun dan yang keluar seimbang. “Pada prinsipnya kami sangat mendukung dibangun Perumnas ribuan unit, pastinya wilayah ini akan ramai. Tapi jangan korbankan warga, perhatikan dampak lingkungan agar program berjalan dan warga tak terganggu,” tegasnya.

Dia melanjutkan, Dinas Lingkungan Hidup juga perlu melakukan pengecekan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) terkait kegiatan Perum Perumnas tersebur. “Karena sebelumnya warga tidak pernah kebanjiran,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal Terpada Satu Pintu, Babul Ibrahim menegaskan, Perum Perumnas tersebut belum memiliki izin dari pihaknya termait mendirikan bangunan dan yang lain. “Kalau izin belum keluar, kosekwensinya pembangunan ditahan dulu, kalau ttap ngotot membangun tanpa izin itu namanya ilegal,” tegasnya.

Namun fakta di lapangan berkata lain, berdasarkan pantauan, puluhan hektar rawa sudah ditimbun, sejumlah bangunan perumahan juga telah berdiri untuk blok Orchid. “Tahap awal ini baru akan dibangun 500 rumah tipe 36/72, kemungkinan 2018 sudah bisa ditunggu,” kata Dimas salah seorang pekerja pembangunan perumahan tersebut.

Penulis    : Haqulana