Kejujuran dan Kebenaran

Awal Puasa 17 Mei, Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak

MAKLUMATNEWS.com,  JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan secara resmi hasil Sidang Itsbat di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5) malam. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Kamis (17/5) lusa.

Keputusan ini disampaikan Lukman bersama perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdulllah Jaidi, Ketua Komisi VIII Ali Taher, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin. Ketetapan itu diambil setelah Kemenag mempertimbangkan sejumlah pendapat dalam sidang Itsbatyang dihadiri oleh perwakilan dari 74 ormas Islam, Komisi VIII, MUI, LAPAN, dan perwakilan negara-negara sahabat tersebut.

Sebelum mengambil keputusan, tim Kemenag telah disebar ke 95 titik di Indonesia. Menurut dia, berdasarkan metode rukyat dan juga hisab, peserta sidang telah sepakat untuk menjalani puasa pada 17 Mei 2018. “Dengan demikian, tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis 17 mei 2018. Itulah keseimpulan rapat sidang Istbat yang diikuti pimpinan ormas-ormas Islam dan Mui, dan perwakilan dari negara-negara shabat,” ujar Menteri Lukman saat konferensi pers di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (25/5) malam, seperti dikutip dari Republika.co.id.

Lukman mengatakan, ketetapan ini didasarkan pada hasil perhitungan tim hisab rukyat Kemenag dan laporan tim pemantau hilal yang telah dilakukan di 95 titik. Menurutnya, posisi hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk dan dari 32 pelaku rukyatul hilal tidak ada satu pun yang melihat hilal. Berdasarkan laporan itu, maka bulan Sya’ban disempurnakan dengan cara Istiqmal menjadi 30 hari, sehingga malam ini ditetapkan tanggal 30 Sya’ban.

“Mudah-mudahan keputusan ini memberikan berkah. Saya selaku pimpinan sidang itsbat menegaskan bahwa Ramadhan tahun ini jatuh pada Kamis,” ucapnya.

Dengan hasil Sidang Itsbat ini, Ormas NU dan Muhammadiyah, Persis serta Ormas Islam lainnya akan menjalani ibadah puasa secara bersamaan pada Kamis (17/5) lusa. Umat Islam diimbau untuk mulai mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci ini. “Maka atas nama pemerintah menyampaikan kepada seluruh umat Islam selamat memasuki bulan Ramadhan. Mudah-mudahan kualitas puasa kita tahun ini semakin meningkat, tidak hanya ibadah mahdhohnya tapi juga ibadah sosialnya,” kata Lukman.

EDITOR  : MIMBAR AS