kejujuran dan kebenaran

Sidak Pasar Kayuagung,  Pedagang Keluhkan Broker Ayam dan Daging

MAKLUMATNEWS.com, KAYUAGUNG — Sejumlah pedagang ayam potong dan daging sapi di pasar Kayuagung keluhkan tingkah para broker ayam suplayer mereka.  Aksi para broker ini membuat harga kedua komoditi itu naik pesat.  Ini terungkap saat inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap kebutuhan bahan pokok di Pasar Kayuagung yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, dan Dinas Tanaman Pangan, Tanam dan Holtikultura Kabupaten OKI, serta beberapa instansi terkait lainnya Selasa (15/5).

Kepala Dinas Perdagangan OKI, Sudiyanto Jakfar, tingginya harga daging dan ayam potong ini, karena harga jual di tingkat broker (makelar,red) mahal. Sedangkan ditingkat peternak masih normal, bahkan sebagian besar belum ada yang panen.

“Untuk ayam potong ditingkat broker saat ini Rp30 ribu/kg, sehingga dipasaran harga jualnya bisa mencapai Rp42 ribu/kg. Sementara harga daging dari Rp130 ribu/kg, naik menjadi Rp140 ribu/kg. Kalau harga sapi hidup perkilogram dibeli pedagang Rp42.500,” rincinya disela sela sidak tersebut.

Untuk mengantisipasi agar harga daging tidak melambung, kata Sudiyanto, pihaknya akan menyiapkan daging beku. Mengingat, menjelang lebaran banyak pedagang daging musiman yang bermunculan.

“Kami akan lihat, jika permintaan daging memang tinggi, maka akan kita siapkan daging beku untuk dijual ke masyarakat,” katanya.

Begitu pula dengan harga kebutuhan lainnya, seperti cabai, bawang, dan telur ayam. Meski masih relatif normal, namun pihaknya tetap akan berupaya untuk menekan harganya agar tidak mengalami kenaikan lagi.

“Cabai merah saat ini Rp50 ribu/kg, bawang merah Rp32 ribu/kg, dan telur ayam Rp23 ribu/kg,” sebutnya.

Hendri, salah satu pedagang daging sapi mengaku, kalau harga daging sapi baru beberapa hari ini mengalami kenaikan.

“Baru hari ini naiknya, biasanya saya jual Rp130 ribu/kg. Saya pastikan menjelang lebaran nanti, harga daging sapi bisa mencapai Rp150 ribu/kg,” katanya.

Senada dikatakan Eli, pedagang ayam asal desa Muara Baru. Menurutnya, baru tahun ini harga ayam potong mencapai Rp42 ribu/kg.

“Kalau tahun sebelumnya harga ayam potong paling tinggi Rp34 ribu/kg, sekarang mencapai Rp42 ribu/kg,” ujarnya.

PENULIS   : ROSYADA