Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Usia Memasuki 40 Tahun

MAKLUMATNEWS.com, JAKARTA — Usia 40 tahun disebut sebagai waktu transisi dari dewasa muda ke usia paruh baya. Usia ini juga memiliki banyak risiko kondisi kesehatan sehingga perlu mengawasi gaya hidup dengan cara yang lebih serius. Seperti yang dikutip dari Indian Express, Senin (25/6), para ahli mencatatkan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda mencapai usia 40 tahun.

Jelajahi sejarah keluarga

Catatan tiga generasi sebelumnya bisa memberikan informasi penyakit apa saja yang berisiko dalam kesehatan seseorang. Ini akan membantu dalam merekomendasikan tindakan pencegahan risiko kondisi seperti serangan jantung, strok, dan berbagai jenis kanker.

Periksa asupan garam

Terlalu banyak garam dalam makanan berdampak negatif terhadap tekanan darah karena menahan air di dalam tubuh. Hal ini bisa menekan jantung, ginjal, arteri dan otak.

Ketahui angka penting Anda

Penting untuk tetap memeriksa tingkat tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan trigliserida. Begitu juga ukur lingkar pinggang, indeks massa tubuh, dan juga berat badan. Nilai dan angka yang tidak seseuai akan menimbulkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Berjalan lebih cepat

Berjalan 45 menit setiap hari tidak hanya akan meremajakan Anda, tetapi akan menjaga tingkat metabolisme tetap tinggi, membakar kalori dan menjaga berat badan.

EDITOR   : MIMBAR AS