Horee, Sebentar Lagi Durian Tebing Berguguran

MAKLUMATNEWS.com, EMPAT LAWANG — Petani di Kabupaten Empat Lawang bersuka ria, lantaran pohon durian banyak berbuah dan saat ini mulai matang dan siap berguguran.

Salah seoarang warga Desa Tanjung Tawang Kecamatan Muara Pinang, Indra mengatakan, di desanya saat ini warga mulai panen durian. Hanya saja belum begitu banyak yang matang karena memang belum saatnya.
“Sekitar sebulan lagi di desa ini banjir durian. Atau sekitar Juli – Agustus nanti,” ungkap Indra, seperti dikutip MAKLUMATNEWS.com dari GLOBALPLANET.news, Sabtu (30/6).

Dikatakanya, pada tahun ini hasil panen kopi di Kecamatan Muara Pinang dan sekitarnya, tidak begitu memuaskan. Dirinya tidak tahu penyebab kurang begitu lebatnya buah kopi.

“Mungkin akibat cuaca yang tidak menentu. Namun kita patut bersyukur karena pohon durian justru yang berbuah lebat,” cetusnya.

Sementara Camat Muara Pinang, Junaidi Amin turunnya hasil panen kopi tidak hanya terjadi di Muara Pinang, namun juga beberapa kecamatan lain di Empat Lawang.

“Untung saja panen buah durian, kalau mengandalkan kopi, tentu ekonomi warga akan merosot,” ujar Junaidi.

Diakuinya pada tahun ini panen kopi di kecamatan ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Adanya panen durian dikatakannya cukup membantu perekomomian warga di desa-desa.

“Kalau tidak ada halangan, sekitar awal Agustus di kecamatan kita rata-rata pohon duriannya sudah matang, panen raya,” jelasnya.

EDITOR : MIMBAR AS