Jarak Pandang Hanya 5 Kilometer. Kapolda : Tangkap Para Pembakar Lahan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG – Menyikapi kabut asap yang mulai menutupi Kota Palembang dan Sumsekl, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengimbau seluruh Kapolres agar segera menangkap pelaku pembakaran lahan dan memasang garis polisi di lokasi yang terjadi kebakaran.

Menurut Kapolda, lokasi yang masih terjadi kebakaran berada di Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI) dan Banyuasin. Ada delapan TKP yang terbakar dan menunjukan bahwa adanya peningkatan titik kebakaran lahan.

Hingga kini pencegahan sendiri masih dilakukan oleh Satgas Karhutla dan dibantu oleh Brimob Nusantara, serta TNI yang di flothing di sekitar 55 desa rawan karhutla sampai 30 September 2018.

“Memang beberapa hari ini banyak terjadi kebakaran, ada peningkatan kebakaran di OKI, OI sama daerah Banyuasin. Saya tidak bisa bilang ini kabut asap karena saya bukan ahlinya, tapi laporan yang saya terima memang jarak pandang ini mulai berkurang,” kata Zulkarnain.

Berkurangnya jarak pandang ini pun disebut Zulkarnain tak seperti pada saat Asian Games berlangsung. Dimana pada saat itu mencapai 10 kilometer untuk jarak pandang di Kota Palembang.

“Biasanya jarak pandang waktu Asian Games sampai 10 kilometer. Tapi saat ini hanya 5 kilometer, ini artinya tak menutup kemungkinan memang ini asap, walaupun untuk kualitas udara masih baik ya, tapi ini tetap menjadi atensi bagi kami,” tambahnya.

“Saya sudah ingatkan kepada para Kapores agar dipasang garis polisi di setiap ada kebakaran kemudian cari dan dan tangkap pelakunya. Apakah dia korporasi ataupun perseorangan harus tetap dilakukan tindakan tegas, jangan sampai kebakaran meluas dan kabut asap semakin tebal,” katanya.

Untuk menghindari terjadinya kebakaran maka akan terus dilakukan pencegahan melalui jalur darat maupun udaran,sampai memang betul-betul tidak ada lagi titik api yang akan menyebabkan asap tebal.

EDITOR : MIMBAR AS