Kejujuran dan Kebenaran

Masjid Agung An-Nur Tanjung Senai Dipercantik Dengan Berbagai Fasilitas

MAKLUMATNEWS.com, INDERALAYA — Masjid An-Nur Tanjung Senai menjadi Masjid Agung sebagai icon kebanggan wong Bumi Caram Seguguk Ogan Ilir (OI). Terletak di Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Masjid ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Mulai dari masyarakat sekitar ataupun kedatangan para pelancong.

Masjid Agung An-Nur didirikan di atas lahan seluas 2.205 meter persegi, dengan tinggi bangunan hingga 26,39 mter. Pembangunannya dilakukan mulai tahun 2012 dengan melibatkan beberapa kontraktor. Biaya yang dihabiskan tidak sedikit karena sudah menghabiskan dana lebih dari Rp. 18 miliar, bahkan saat ini pembangunannya terus digenjot dengan tambahan dana belasan miliar guna makin mempercantik masjid tersebut.

Direktur PT Monaco Muhammad Akbar mengatakan bangunan Masjid Agung An-Nur Ogan Ilir yang super megah saat ini tengah dilakukan penimbunan tanah merah, karena daerahnya sebagian dataran rendah dan pengecoran jalan cor beton seluas 1,3ha. Selain itu memasang marmer pada dinding masjid, mempercantik plafon gypsum untuk kubah masjid, pengecetan ulang bagian dalam dan luar masjid berwarna cream. Selain itu agar jalan cor diareal masjid tidak banjir dibuat gorong-gorong bawah tanah untuk jalannya air.

“Kalau untuk kamar mandi serta ruang wudhu pria dan wanita sudah dibangun. Kita juga menggunakan tukang ahli dari Jakarta untuk memasang marmer pada bagian dalam masjid seluas 370meter persegi, memasang keramik untuk tangga masjid, mengkilapkan kubah masjid bagian luar dengan braso agar tampak kinclong dan bersinar. Insya Allah pengerjaan ini akan selesai pada pertengahan Desember,”ujarnya

Sementara disinggung soal daya tampung jemaah di masjid tersebut, ia mengatakan masjid tersebut mampu menampung ribuan jemaah untuk melaksanakan ibadah sholat. Selain itu untuk kendaraan parkir daya tampungnya, untuk motor sebanyak 200unit sementara untuk parkir mobil sebanyak 100unit kendaraan.

Akbar, pembangunan gerbang, pagar, tanaman kurma, tiang untuk memperdengarkan azan, bangku taman masjid dan bagian outdor lainnya akan dilakukan tahap berikutnya pada tahun 2019 mendatang.

Iapun berharap dengan makin lengkapnya fasilitas yang disediakan Pemkab OI untuk Masjid Agung An-Nur maka para jemaah yang melakukan ibadah sholat mkin nyaman, aman dan khusyu dalam menjalankan sholatnya.

PENULIS : HENNY