Kejujuran dan Kebenaran

Agar Lulus Tes CPNS, Ada Peserta Bawa Jimat

MAKLUMATNEWS.com —  Ada-ada saja, usaha orang untuk lancar dan lulus tes masuk jadi pegawai negeri. Salah satunya membawa jimat dengan ajian-ajiannya.

Terbukti jimat itu ditemukan oleh panitia. Benda yang diduga jimat kembali ditemukan panitia yang menggelar seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018.

Kali ini, jimat ditemukan pada salah satu peserta di titik lokasi Hotel Labersa, Pekanbaru. Jimat tersebut ditulis pada kertas putih bergaris menggunakan tinta hitam. Hal ini diinformasikan oleh Badan Kepegawaian Negara ( BKN) selaku bagian dari panitia seleksi nasional CPNS 2018 melalui akun resmi Twitter-nya, @BKNgoid.

Selain ditemukan di Pekanbaru, pada 4 November 2018 lalu, salah satu peserta di titik lokasi Jember, Jawa Timur. Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan kabar tersebut.

Menurut dia, peserta yang membawa jimat di Madiun tersebut mempunyai alasan khusus, seperti dapat mengerjakan soal dengan lancar.

Panitia yang ada di lokasi masing-masing pun menyita jimat yang dibawa oleh para peserta ini, karena memang peserta yang akan memasuki ruang tes harus menaati tata tertib yang ada.

Ridwan memberikan imbauan kepada para peserta untuk tetap percaya pada kemampuan masing-masing. “Believe in yourself, be yourself, focus, no distraction,” kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Kamis, 8 November 2018.(*)

 

Editor : Aspani Yasland