Kejujuran dan Kebenaran

Terharu Melihat Sully, Anjing Piaraan Mantan Presiden George HW Bush yang Setia Sampai Akhir

MAKLUMATNEWS.com —  Pemandangan mengharukan terlihat dari upacara persemayaman mendiang Presiden ke-41 Amerika Serikat George H.W. Bush yang meninggal pada Jumat, 30 November 2018. Ketika jasad sang mantan presiden disemayamkan di Gedung Capitol pada Senin, 3 Desember 2018, Sully sang anjing penjaga tampak berbaring di samping peti.

Perhatian publik terhadap Sully muncul kala juru bicara keluarga Bush, Jim McGrath mengunggah foto anjing berjenis Labrador retriever itu di akun Twitter-nya dengan menyertakan tulisan, “Misi selesai.”

Sully barangkali terlihat meringkuk dengan kepala terkulai di samping jasad sang tuan, namun di saat bersamaan ia memperlihatkan kesetian dan keteguhan untuk terus menjaga Bush hingga akhir hayat.

Foto Sully itu juga diunggah di laman Facebook America’s VetDogs, organisasi yang membesarkan Sully sejak lahir dan bergerak di program layanan anjing untuk asistensi veteran perang.

Anjing berusia dua tahun itu juga sempat mengikuti program asistensi bagi narapidana penjara supaya berkesempatan mengajari binatang peliharan dengan perintah standar.

Sully pertama kali menjalankan tugas sebagai anjing penjaga Bush pada Juni 2018. Namanya diambil dari seorang pilot penerbangan komersil, Chesley B. ‘Sully’ Sullenberger III yang berhasil mendaratkan pesawat di Sungai Hudson pada 2009.

Kedatangan Sully di kediaman keluarga Bush kala itu bebarengan dengan kunjungan mantan Presiden Bill Clinton. Mendiang George H.W Bush bahkan mengumumkan kedatangan Sully melalui akun Twitter-nya dan menyebutnya sebagai anggota keluarga baru.

Meski tugasnya dalam melayani Bush akan berakhir, tugas Sully sebagai anjing penjaga belumlah usai. America’s VetDogs mengatakan Sully akan bergabung ke Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed di Bethesda. Di sana, Sully akan membantu proses terapi fisik bagi prajurit yang terluka dan dalam proses pemulihan.(*)

Editor : Aspani Yasland