Kejujuran dan Kebenaran

Memanfaatkan Teknologi Komunikasi Dengan Cerdas, Dapat Membantu Kemajuan Sumsel

Oleh : Reno Yolanda
Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIp UIN RF

 

MAKLUMATNEWS.com, — TEKNOLOGI komunikasi sudah sangat berkembang zaman sekarang, kehidupan tidak bisa terhindar dari perkembangan teknologi tersebut. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan maka terus berkembang pula teknologi komunikasi. Manusia merupakan makhluk sosial yang sangat membutuhkan komunikasi antar individu dengan individu yang lain, dan manusia memiliki akal dan pikiran untuk terus berkembang dan mengetahui segala macam hal yang dibutuhkan. Oleh sebab itu peran teknologi komunikasi sangat di butuhkan untuk membantu memudahkan manusia untuk melakukan sesuatu yang di inginkan. Teknologi komunikasi dapat membantu mengumpulkan data yang kita butuhkan dan dapat saling tukar informasi antar individu agar dapat mencapai suatu tujuan yang di inginkan.

Di kehidupan yang sudah maju seperti ini, sudah banyak alat yang digunakan untuk membantu suatu proses komunikasi. Teknologi komunikasi yang sudah berkembang saat ini berperan penting dalam kehidupan manusia karena sudah banyak alat yang memadai untuk melakukan sesuatu contohnya internet, handphone, dan lain sebagainya yang dapat membantu manusia untuk mempermudah pekerjaannya. Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat maju ini sangat berbeda dengan keadaan pada zaman dulu yang sangat sulit untuk terhubung dengan orang lain dengan cepat, karena pada zaman dulu banyak kesulitan untuk mencapai orang yang jauh contohnya menggunakan surat yang ditulis manual dan lama untuk sampai pada tempat yang dituju, sedangkan jaman yang canggih ini kita dapat mengunakan telepon, sms (short massage service), bahkan dapat bertatap muka walaupun dalam keadaan jauh dengan menggunakan videocall. Itulah yang dapat membantu manusia menjadi efektif dan efesien.

Banyak dampak yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi komunikasi tersebut baik dampak positif untuk kemajuan suatu provisi Sumatera Selatan dan dampak negatif untuk menghambat kemajuan tersebut. Yang pertama yaitu dampak positif peran teknologi komunikasi, dapat mengubah nilai pandangan dan sikap masyarakat terhadap sesuatu peristiwa yang terjadi awalnya yang berpikir irasional sekarang berpikir dengan rasional. Contohnya jika masyarakat menerima informasi tentang kejadian yang belum terbukti kebenarannya maka seharusnya masyarakat tersebut mencari tahu dari sumber yang bersangkutan terlebih dahulu melalui teknologi agar mendapatkan hasil yang sesungguhnya bukan berita atau kejadian palsu atau hanya di buat-buat untuk kepentingan khusus/individu. Dengan bantuan teknologi komunikasi maka masyarakat sudah mulai mengerti apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dengan berkembangnya suatu ilmu pengetahuan maka masyarakat lebih memahami dan mengerti dengan mudah dalam beraktivitas dan membantu berpikir lebih maju untuk membantu kemajuan Sumsel agar menjadi lebih terbuka dan tidak berpikir sempit bahkan berpikiran buruk. Jika dalam bidang ekonomi Sumsel dapat mengurangi penggangguran dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Karena dengan teknologi komunikasi masyarakat bisa berdagang atau berjualan memalui internet (online shop), dan membuka suatu perusahaan atau industri yang memproduksi alat-alat komunikasi yang canggih agar masyarakat bisa bekerja ditempat tersebut dan dapat mengurangi penggangguran. Peran teknologi komunikasi di bidang pendidikan untuk kemajuan Sumsel sudah banyak antara lain mempermudah masyarakat untuk mencari tahu informasi melalui internet, televisi dan lain sebagainya.

Untuk siswa atau mahasiswa yang ingin mencari tahu pelajaran tidak hanya lewat buku saja tetapi dengan adanya teknologi komunikasi yang canggih sekarang kita juga bisa membaca buku lewat e-book, e-book adalah suatu teknologi yang memanfatkan internet untuk menayangkan informasi atau berita yang berbentuk seperti buku akan tetapi ini digital atau bisa di akses melalui handphone atau komputer dan tidak hanya itu sekarang juga sudah banyak menyediakan sesuatu informasi pendidikan yang tidak begitu sulit untuk di cari lagi karena bantuan teknologi agar mempermudah masyarakat lebih semangat dan bekerja keras menuntut ilmu yang kedepannya juga berpengaruh terhadap kemajuan Sumsel. Didalam bidang politik mempermudah masyarakat untuk mengetahui dan mengenal calon-calon wakil rakyat atau bahkan petinggi-petinggi Sumsel yang belum di kenal atau diketahui bisa mendapatkan informasi melalui teknologi, mempermudah kampanye sosial atau pemilihan misalnya tidak lagi secara manual tetapi sudah lewat teknologi yang canggih agar dapat membantu kemajuan Sumsel.

Yang kedua yaitu tidak hanya dampak positif dari teknologi komunikasi tetapi juga ada beberapa dampak negatif dari berkembangnya teknologi komunikasi tersebut. Karena dapat mempermudah dan membantu dalam suatu pekerjaan atau suatu urusan, masyarakat menyalahgunakan teknologi komunikasi. Salah satunya masyarakat menjadi bersikap individualisme, masyarakat merasa mudah dengan bantuan dari teknologi dan merasa bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, itulah pandangan yang salah dan mengakibatkan masyarakat lebih ketergantungan terhadap teknologi untuk menjalankan aktivitasnya dibanding menjalin silturahmi antar sesama manusia. Padahal pada hakikatnya manusia itu makhluk sosial yang pasti hidup dan saling membutuhkan satu sama lain. Selanjutnya masyarakat merubah kebudayaan yang dimiliki karena mengikuti perubahan zaman dimana contohnya ikut-ikutan gaya hidup kebudayaan barat, padahal tidak semua kebudayaan barat cocok dengan kebudayaan kita sendiri. Misalnya kurangnya rasa sopan santun remaja terhadap orang tua atau orang yang lebih tua, kebebasan terhadap gaya hidup dan berpakaian remaja sudah terlalu bebas dan tidak pantas. Menimbulkan sikap malas dari masyarakat karena kemudahan untuk mencapai sesuatu yang di inginkan dengan cara instan, otomatis dan menganggap teknologi itu sebagai kebutuhan utama. Yang terakhir dengan kuatnya arus teknologi dapat menyebabkan kriminalitas semakin tinggi, misalnya terjadi penipuan di jejaring sosial, dan meningkatkan pelecehan seksual di bawah umur karena sering membuka situs-situs yang berbau pornografi dan anak kecil dibawah umur juga bisa mengaksesnya secara bebas yang seharusnya tidak pantas untuk di lihat.

Teknologi komunikasi sekarang susah sangat maju hal tersebut tidak hanya memiliki dampak positif tetapi juga terdapat dampak negatif yang beberapa sudah di jelaskan diatas, peran pemeritah sangat penting terhadap pencegahan dampak negatif tersebut misalnya mengadakan sosialisasi terhadap perkembangan teknologi komunikasi dan politik atau menanamkan pengetahuan yang baik dan benar agar masyarakat tidak melakukan dampak negatif tersebut. Selanjutnya peran individu, keluarga, dan lingkungan sekitar sangat penting bagi masyarakat agar tidak salah langkah dalam menjalankan sesuatu, karena itu sangat berpengaruh terhadap masyarakat luas bahkan Sumsel. Terakir yaitu peran agama karena jika masyarakat tersebut memiliki agama yang baik maka ia akan tahu mana yang baik untuk di lakukan dan mana yang salah dan harus ditinggalkan.

Sebenarnya jika setiap masyarakat menggunakan teknologi secara baik otomatis teknologi tersebut akan menghasilkan sesuatu yang baik pula untuk kedepannya dan membantu kemajuan Sumsel. Walaupun setiap individu memiliki sikap dan pemikiran yang berbeda-beda setidaknya mulailah dari diri kita sendiri terlebih dahulu untuk berfikir sebelum melakukan sesuatu yang menggunakan teknologi komunikasi itu agar bermanfaat yang baik untuk diri sendiri, lingkungan bahkan untuk kemajuan Sumsel. Perkembangan teknologi komunikasi memunculkan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Semestinya masyarakat dapat memilih mana teknologi komunikasi yang baik digunakan dan mana yang harus ditinggalkan. Karena itu tidak hanya dibutuhkan kecerdasan jasmani saja tetapi juga kecerdasan rohani agar kemajuan dapat terwujud bersama untuk mencapai kepentingan bersama dan mendapatkan hasil yang positif.