Kejujuran dan Kebenaran

DPRD Tulung Agung Belajar e-planning dan e-budgeting Pembangungan dari Pemkot Palembang

MAKLUMATNEWS.com – Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur melakukan studi banding ke Pemerintah Kota [Pemkot] Palembang. Mereka ingin mengetahui lebih dalam dan mempelajari mengenai perencanaan dan penganggaran dalam penyusunan APBD dengan penerapan e-planning dan e-budgeting.

Rombongan Badan Anggaran DPRD Tulung Agung diterima langsung oleh Asisten I Pemkot Palembang Sulaiman Amin dan menyambut baik kunjungan kerja tersebut di Ruang Balai Kota Palembang, Jumat, 7 Desember 2018.

Sulaiman mengemukakan kunjungan mereka untuk melihat langsung konsistensi, keterpaduan dan sinkronisasi dalam perencanaan pembangunan. ” Jadi tidak bisa ada program yang langsung masuk,” kata Sulaiman.

Sulaiman menambahkan, Kota Palembang sendiri untuk e-planning dan e-budgeting sudah  berjalan selama 4 Tahun  dan sudah versi yang ke 2.

“Kegiatan ini, kita bisa mengakumulasikan dari hasil Musranbang [Musyawarah Perencanaan Pembangunan,red] baik dari tingkat kelurahan, kecamatan dan kota. Sehingga apa yang menjadi program benar sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat, tepat sasaran lah program terutama masalah pembangunan,”katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulung Agung Provinsi Jawa Timur, Imam Hambali, SE, Msi mengatakan untuk Kabupaten Tulung Agung Provinsi Jawa Timur anggaran e-planning dan e-budgeting baru dimulai tahun 2019.

“Karena di kota Palembang sudah 3 tahun berjalan, kita berguru di kota Palembang, kita pelajari apa keuntungan dan kelemahannya,” katanya. [*]

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Editor      : Aspani Yasland