Kejujuran dan Kebenaran

Jangan Sepelekan Rubik, Mainan Simpel Besar Manfaatnya

Oleh : Riyan Pakusadewa
Mahasiswa Ilkom UIN Raden Fatah

 

MAKLUMATNEWS.com, — SIAPA yang tidak kenal mainan rubik, yaitu mainan yang terdiri dari kotak-kotak yang mempunyai berbagai warna dan membuat orang pusing saat memainkannya. Tapi siapa sangka ternyata bermain rubik ini mempunyai manfaat yang besar loh, mungkin dari kita semua tidak pernah sadar akan manfaat mainan rubik tersebut, dan manfaat tersebut ampuh karena saya juga telah merasakannya setelah saya sering memainkan mainan yang simpel ini.

Percaya atau tidak ternyata rubik ini dapat meningkatkan daya ingat loh.Tentu saja, saya dulu termasuk orang yang pelupa, yang pasti sangat mengganggu aktivitas saya sehari-hari tapi dengan sering memainkan rubik, lalu di tambah lagi kita juga menghapal rumus-rumus di rubik ini agar rubik itu dapat di selesaikan, itu membuat daya ingat semakin meningkatloh.

Rubik ini pula dapat melatih kesabaran kita loh. Mengapa demikian, karena untuk menyelesaikan permainan rubik ini dibutuhkan kesabaran yang tinggi, apalagi kalau baru pemula memainkanya itu harus sangat sabar dalam menyelesaikannya. Kesabaran kita di uji ketika kita memainkan rubik ini, apalagi kalau memainkanya hanya dengan logika tanpa menggunakan rumus, pasti sangant menjengkelkan karena tidak dapat menyelesaikannya. Tapi disitulah kesabaran kita akan dilatih. Karena tidak semua orang bisa memainkanya, jadi ketika orang baru belajar bermain rubik dalam waktu 10 menit saja sudah menyerah.

Nah ada lagi nih, rubik juga dapat melatih kita untuk berhati-hati dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan. Tentu saja, karena saat memainkannya kita harus selalu teliti dan juga berhati-hati dalam menyelesaikan rubik ini. Karena jika salah satu gerakan saat bermain itu salah, akan membuat permainan ini tidak akan selesai. Disitulah kita dilatih untuk selalu berhati-hati dalah bertindak, karena kalau salah bertindak akan sangat fatal bagi kita sendiri.
Jadi tidak semua permainan itu selalumembuat hal negatif bagi anak maupun orang dewasa, karena sebagian permainan pasti juga memiliki manfaat tersendiri. Contohnya saja permainan rubik ini, mainan yang simpel namun besar manfaatnya bagi kita, terutama anak-anak.