Bawaslu Palembang Sayangkan Partisipasi Partai Politik Minim

260

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kota Palembang Dadang Apriyanto kecewa atas kurangnya partisipasi partai politik sebagai peserta Pemilu dalam kegiatan sosialisasi yang digelar Bawaslu Kota Palembang.

Hal itu disampaikan Dadang Apriyanto mewakili Ketua Bawaslu Kota Palembang dalam acara “Sosialisasi Pengawasan Partisifatif Pada Pemilu Tahun 2019”, yang digelar oleh Panwascam Kecamatan Ilir Timur III di Jalan Gatra 3 Kelurahan 8 Ilir Palembang, Selasa 18 Desember 2018.

Nampak hadir juga pada acara sosialisasi tersebut Muftih Camat Ilir Timur III, anggota kepolisian, dan Sugiman Perwakilan Koramil Lemabang, serta tokoh masyarakat, PPS, dan PPK Kecamatan Ilir III Palembang.

“Sangat disayangkan pada kegiatan sosialisasi ini, hanya diikuti oleh beberapa partai politik saja,”ucap Dadang.

“Padahal kegiatan ini sangat penting, guna memahami Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain itu, sosialisasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan, persoalan, dan tingkat kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu nanti,”jelasnya melanjutkan.

Dadang juga menghimbau jangan sampai akibat ketidakpahaman Undang-Undang Pemilu, surat edaran KPU, dan Perbawaslu mengakibatkan terjadi perseteruan yang berujung ke meja hijau.

“Terkait pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) pahami betul aturan yang ada. Tidak boleh memasang APK di tempat ibadah, tiang listrik, dan pohon. Sebelum saling menggugat, pasanglah APK ditempat yang sudah ditentukan,”tegas Dadang mengingatkan.

Sementara itu, Camat Ilir Timur III Muftih menyampaikan dukungan dan apresiasi positif terkait kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Bawaslu Kota Palembang.

“Selain menambah informasi terkait aturan Pemilu, sosialisasi ini sangat positif untuk mengantisipasi gesekan atau fiksi yang akan terjadi pada Pileg dan Pilpres nanti,”ucap Muflih.

Penulis : Muhammad Dudin