Jumlah TPS di Sumsel Bertambah

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Akibat adanya penambahan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP2) yang mencapai 27 ribuan pemilih, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di provinsi Sumsel ikut mengalami penambahan. Pada pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, jumlah TPS di Sumsel menjadi 25.320 TPS dari sebelumnya 25.222 TPS.

Diungkapkan Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, penambahan TPS itu merata di setiap kabupaten/kota di Sumsel. Penambahan jumlah TPS yakni sebanyak 98 TPS dibandingkan pengajuan KPU Sumsel yang merujuk dari Daftar Pemilih Sementara (DPT).

“Saat Pilkada lalu untuk bisa mendirikan TPS maka jumlah pemilihnya harus sebanyak 800 orang, sedangkan Pemilu 2019 batasan pemilihnya hanya 300 orang per TPS. Sehingga dengan adanya aturan itu maka jumlah TPS juga bertambah,” ungkap Kelly, Selasa (18/12) malam.

Dilanjutkan Kelly, dengan bertambahnya TPS maka secara otomatis akan ada penambahan logistik berupa kotak dan bilik suara yang selama ini sudah diterima KPU kab/kota.

” 1 TPS kan perlu 5 kotak suara dan 3 bilik suara, jadi dikalikan saja jumlah TPS yang bertambah dengan kotak dan bilik suara. Yang ada sekarang merupakan jumlah pengadaan berdasarkan DPS bukan berdasarkan DPTHP2 yang baru ditetapkan,” ujarnya.

Ketika ditanya kapan kotak dan bilik suara kardus kedap air tambahan akan diterima KPU kab/kota, ia belum bisa memastikan karena untuk pengadaan merupakan wewenang KPU RI.

“KPU Sumsel habya mengajukan saja sesuai dengan kebutuhan tambahan. Kapan akan dikirim ya ditunggu saja. Tapi yang pasti sebelum dilakukan pendistribusian logistik ke bawah,” kata Kelly.

Penulis : Jon Morino