Herman Deru Optimistis DPRD Sumsel Lebih Handal

H.M Aliandra Pati Gantada Resmi Ketua DPRD Sumsel

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri sekaligus menyaksikan Rapat Paripurna Istimewa LV DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka pengucapan sumpah/janji Ketua DPRD Provinsi Sumsel, H.M Aliandra Pati Gantada, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Jumat (21/12) pagi. Di bawah kepemimpinan H.M Aliandra Pati Gantada, DPRD diharapkan lebih handal merespon berbagai tuntutan yang berkembang dalam masyarakat.
“Atas nama pribadi dan Pemprov Sumsel saya mengucapkan selamat atas diresmikannya pengangkatan saudara H.M Aliandra Pati Gantada sebagai ketua DPRD Provinsi Sumsel,” ujar HD.
Pasca pengangkatan ini Ketua DPRD defenitif sudah mulai dapat ikut bekerjasama dengan anggota DPRD lainnya melanjutkan tugas dan wewenang Ketua DPRD sebelumnya. Seperti memimpin sidang dan menyimpulkan hasil rapat untuk mengambil keputusan, menyusun rencana kerja dan mengadakan pembagunan kerja antara ketua dan wakil ketua, kemudian menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat serta melaksanakan tugas dsn wewenang lain yang diatur dalam UU.
Di tempat yang sama Wakil Ketua DPRD Chairul S Matdiah mengatakan, sehubungan dengan pengucapan sumpah/janji Ketua DPRD Provinsi Sumsel maka lengkaplah sudah pimpinan DPRD Provinsi Sumsel yang berjumlah empat orang pimpinan. Dengan lengkapnya pimpinan DPRD ini maka kerja DPRD Provinsi Sumsel lebih ringan dan cepat.

Pengucapan sumpah/janji ini menindaklanjuti Surat Keputusan Mendagri Nomor 161.16-1870 tahun 2018 tanggal 17 Desember 2018 tentang pengangkatan Ketua DPRD Sumsel HM Aliandra Pati Gantada sisa masa jabatan 2014-2019.
“Mempedomani ketentuan  Pasal 328 ayat (5) UU Nomor 17 Tahun 2014 bahwa pimpinan DPRD Provinsi sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi,” jelasnya.
Adapun pengucapan sumpah/janji dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembukaan rapat paripurna LV (55) DPRD Provinsi Sumsel oleh wakil-wakil Ketua DPRD Provinsi Sumel. Kemudian pembacaan surat keputusan Mendagri serta pengucapan sumpah/janji Ketua DPRD Provinsi Sumsel H.M Aliandra Pati Gantada oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang didampingi oleh rohaniawan.
Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah/janji Ketua DPRD Provinsi Sumsel. Diakhiri dengan penyerahan palu pimpinan rapat dari Wakil Ketua kepada  Ketua DPRD Provinsi Sumsel.
Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Sumsel Definitif, H.M Aliandra Pati Gantada yang juga merupaka  Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Sumsel mengatakan, akan segera mengakselerasikan semua program yang sudah berjalan di DPRD Sumsel selama ini. Dengan waktu yang tersisa Gantada menargetkan dapat menyelesikan agenda DPRD Sumsel yang belum selesai secepatnya.
Sekedar diketahui Gantada resmi ditunjuk DPD PDIP Sumsel sebagai Ketua DPRD Sumsel masa bakti 2014-2019 menggantikan posisi Ketua DPRD Provinsi sebelumnya , M. Giri Ramanda Kiemas yang mundur dari kursi anggota DPRD Sumsel 2014-2019 karena mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernyr pada kontestasi Pilgub Sumsel Juni 2018 lalu. (adv)