Ratusan Peserta Ikuti Seleksi Pra Peda Tingkat Kabupaten Mura

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Ratusan anggota Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Musi Rawas (Mura) dari 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mura mengikuti seleksi pra peda tingkat Kabupaten Mura. Pemenang lomba ini akan diikutkan pada lomba Peda tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Juli 2019 mendatang.

Ketua KTNA Mura, Catur Handoko, mengatakan sebenarnya seleksi ini kita sudah agendakan Maret 2019 mendatang. Karena Peda tingkat provinsi Sumsel dilaksanakan Juli 2019 mendatang makanya seleksi dilaksanakan Desember 2018 ini.
“Pesertanya dari setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mura,”terangnya, kemarin.

Dikatakannya Peda ini dilaksanakan tiga tahun sekali. Untuk tahun sebelumnya di Kota Lubuklinggau, Mura mendapat juara umum kedua.

“Untuk penas di Aceh bupati dapat pin emas utama,”jelasnya. Untuk diketahui bahwa KTNA cuma sebagai pelaksana saja.

Sementara itu Sekretaris Panitia, Suyono, mengatakan seleksi ini sebagai persiapan Peda tahun 2019 di Musi Banyuasin. Tujuannya untuk mengevaluasi kegiatan penyuluhan di Dinas Pertanian dan Peternakan tahun 2018 ini .

“Seluruh sektor dipertanian. hortikultura, sarana prasana, produksi dan kegiatan penyuluhan. Untuk masing masing rangkaian kegiatan diambil juara I sampai tiga. Kemudian juara satu dan dua dipilih kembali untuk mewakili kabupaten Mura mengikuti Peda tingkat Provinsi Sumsel di Muba,”ucapnya.

Masoh katanya kegiatan seleksi ini dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu (26/12) hingga Kamis (27/12).
Dikatakannya Peda seharusnya dilaksanakan Februari 2019 mendatang. Karena ada pemilu diundur Juli 2019 mendatang.

“Lomba-lomba yang dipertandingkan dalam pra peda ini, lomba bongkar pasang traktor, asah trampil, memilih doc (Itik), merangkai bunga dan buah, merajut jaring, memilih kelamin ikan. Kemudian memipil jagjng, mengupas kelapa, tumpeng dan olahan ikan pepes, okulasi buah-buahan, balap katung. Selanjutnya tarik tambang, senam kesegaran jasmani, mencabut bulu ayam, menangkap ikan lele,bola voli, engrang, terompah panjang dan sepak bola sarung,”terangnya.

Sedangkan Ketua Panitia, Manggaratua Sitorus membenarkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hati. Tujuan ya itu tadi persiapan mengikuti Peda tingkat Provinsi Sumsel. “Kita hanya memfasilitasi dalam rangka persiapan,”pungkasnya.

PENULIS : WAN ASRI