Hendaklah Selalu Berkata yang Baik

Jangan pernah meninggung perasaan orang lain. Hindari bermain-main dengan kata yang menyudutkan, dosanya amat besar.

 MAKLUMATNEWS.COM – Sebaiknya saya harus bagaimana berkata ya Rasulullah. Begitu sseorang sahabat bertanya. Tiba-tiba saja pertanyaan itu terlontar dari sahabat tersebut, karena setiap ucapannya kurang dianggap oleh orang lain.

Rasulullah   bersabda, //‘Hendaklah kalian selalu berlaku baik kepada orang lain dan jujur, karena itu akan membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga.

Dan apabila seorang selalu berlaku baik tidak berkata yang jelek lagi pula ia jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’”

Berkata, hendaklah Sesuai antara perkataan dan amalan (perbuatan), lahir dan batin. Membawa, maksudnya membimbing dan mengantarkan. Kebaikan, maknanya . Hendaklah mencakup semua kebaikan.  Maksudnya bersungguh-sungguh mencari dan memilih. Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga

*Selarasa Fakta*

Dalam hadits ini Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya berlaku dan berkata yang  baik yang baik-baik saja.  Dan tidak yang jelek baik dalam  perbuatan, ibadah dan dalam semua perkara. Itu berarti akan selaras antara lahir dan batin, ucapan dan perbuatan, serta antara berita dan fakta.

Maksudnya, hendaklah kalian terus berlaku jujur dan atau berlaku baik tidak jelek dalam berprilaku. Karena jika engkau senantiasa baik dan jujur, maka itu akan membawamu kepada al-birr (yakni melakukan segala kebaikan), dan kebaikan itu akan membawamu ke Surga yang merupakan puncak keinginan, sebagaimana Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
//‘ Sesungguhnya orang-orang yang berbakti benar-benar berada dalam (surga yang penuh) kenikmatan.”// (Al-Infithâr/82:13).

Allâh Azza wa Jalla berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allâh, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang baik lagi benar”. [At-Taubah/9:119].(*)

Penulis: Bangun Lubis