5 Tahun Buron, Baru Keluar Lapas Ditangkap

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Satu dari delapan pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), Suranto (24) warga SP.3 Tran Subur, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Minggu (10/2/2049) ditangkap aparat Polsek Muara Lakitan. Pelaku ditangkap setelah lima tahun buron, saat keluar dari Lapas Lubuklinggau.

Dengan tertangkapnya tersangka sudah enam dari delapan pelaku yang berhasil diamankan. Sementara dua pelaku lainnya, masing-masing Edi Pilot (32) warga Dusun ll Lubuk Pandan, Kecamatan Muara Lakitan dan Sar (34) warga Dusun ll SP.3 Tran Subur Kecamatan Muara.Lakitan masuk DPO.

Peristiwa Curas iji terjadi Selasa (23/12/2014) yang lalu sekitar pukul 10.30 Wib. di Areal ijin perkebunan PT Lonsum Sei Lakitan Blok 07115512 Dusun Lubuk Perimbun Desa Lubuk Pandan Kecamatan. Muara Lakitan Kabupaten Mura yang dilakukan oleh tersangka Iskandar dan kawan-kawan. Mengancam karyawan PT lonsum dan menngambil paksa buah kelapa sawit yang sudah dipanen milik korban PT Lonsum Sei Lakitan Estate.

Tersangka dan kawan-kawan mengambil paksa buah sawit yang sudah dipanen dan mengancam karyawan PT Lonsum dengan senjata api laras panjang (kecepek) dan parang agar menyerahkan hasil panen buah sawit. Atas kejadian tersebut karyawan mengalami trauma dan PT lonsum mengalami kerugian kehilangan buah sawit sebanyak 786 janjang sawit dan ditafsir Rp.15,6juta.

Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Lakitan, Iptu M Romi, SH.MH menerangkan bahwa penangkapan langsung dipimpin dirinya bersama Kanit Reskrim Ipda Ropiq serta anggota lainnya.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan didepan Lapas Lubuk Linggau. Saat ditangkap pelaku tidak melakukan perlawanan. Kemudian dihadapan petugas pelaku mengakui semua perbuatannya dan pelaku langsung Dibawa dan diamankan di Polsek Ma.Lakitan guna penyidikan lebih lanjut.

PENULIS : WAN ASRI