Ribuan KK Di Mura Bakal Menerima BPNT

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Ribuan Kepala Keluarga (KK) diwilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) bakal menerima bantuan dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam bentuk beras dan telur serta bahan pangan lainnya. Bantuan ini direncanakan akan dibagikan Mei 2019 mendatang. BNPT diberikan dalam bentuk voucer atau kartu yang ditukarkan di e warung yang ditunjuk langsung oleh bank penyalur.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Mura, Agus Suryanto, mengakui bahwa penyaluran BPNT dilaksanakan melalui bank konvensional diwilayah Kabupaten Mura. Jumlah yang diterima Rp 110 ribu per KK. Cuma bentuknya bukan uang tetapi berbentuk barang seperti beras dan telur.

“Bentuknya bukan uang tetapi barang. Seperti beras dan telur,”jelasnya, kemarin (11/2).

Sebelum disalurkan dilakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan salah satu bank penyalur. Rakor dilaksanakan untuk mengetahui kapan BPNT disalurkan.

Menurut informasi BPNT akan disalurkan sekitar Mei 2019 mendatang. Untuk tanggalnya belum ditentukan, masih akan dilakukan dengan rakor lanjutan.

Dia menambahkan kemungkinan program ini berkelanjutan. Maksudnya selanjutnya kalau ada sama seperti sebelumnya.

Tehnisnya kata Agus bantuan yang diberikan untuk membeli beras, telur dan pangan lainnya. Pembeliannya memakai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diberikan oleh bank bersangkutan.

“Kartu tadi digunakan untuk mengambil barang-barang bantuan di warung-warung yang sudah ditentukan oleh bank penyalur,”ungkapnya.

Nah warung-warung yang ditunjuk tadi sepenuhnya kewenangan bank penyalur, kita tidak boleh mengarahkan.

Mengenai kartu, lanjutnya pengambilan kartu tidak boleh diwakilkan. Andai kata diberitahu kepada pihak lain, itu sudah menjadi tanggungjawab masing-masing pihak.

“Untuk mengambil kartu tidak boleh diwakilkan. Kalau diberitahu kepada orang lain sudah tanggung jawab Keluarga Penerima Manfaat (KPM),”tegasnya.

Kalau ditanya berapa banyak warung yang disiapkan, itu masih dilihat daru jumlah KPMnya untuk dijadikam e warung.

“Berbentuk voucer. dibentuk e -warung tempat menukarkan barang. Inilah yang dijadikan agen oleh bank. Masih dilihat jumlah kpmnya untuk dijadikan e warung,”pungkasnya.

PENULIS : WAN ASRI