Ini Tiga Solusi Wakil Rakyat Urai Kemacetan Palembang-Banyuasin

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah titik ruas jalan Palembang-Pangkalai Balai, menjadi sorotan anggota DPRD Sumsel daerah pemilihan (Dapil) Banyuasin, Roby Puruhita. Ada tiga solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Dikatakannya, jalan Palembang-Pangkalan Balai yang berstatus jalan negara menjadi kendala tersendiri bagi Sumsel maupun Kabupaten Banyuasin, karena daerah tidak diperbolehkan menganggarkan perbaikannya.

“Itu kan jalan negara, tentunya perbaikannya menggunakan dana APBN melalui kementrian terkait. Oleh karena itu, daerah harus terus mendorong pusat untuk memperbaiki jalan itu,” kata Roby, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/2).

Roby menawarkan tiga solusi mengatasi kemacetan di Jalintim tersebut, pertama dengan pelebaran jalan menggunakan dana APBN, kedua dengan membuat jalan lingkar sebagai jalan alternatif menggunakan dana APBD, dan ketiga dengan memaksimalkan keberadaan tol Kapal Betung (Kayuagung-Palembang-Betung), yang saat ini sedang dikerjakan.

“Pemerintah daerah, baik Banyuasin maupun Sumsel harus segera mengambil sikap, mana yang harus dilakukan untuk mengurangi kemacetan ini, karena kondisi ini sudah sangat dikeluhkan masyarakat,” imbuh Politisi PDI Perjuangan ini.

Roby mengakui, opsi yang ditawarkannya tersebut tidaklah mudah untuk direalisasikan, terutama terkait pembebasan lahannya. “Namun, pemerintah harus segera mengambil tindakan, karena kemacetan disana terjadi setiap hari,” pungkasnya.

PENULIS : JON MORINO