Kajari Prabumulih Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

MAKLUMATNEWS.com, PRABUMULIH — Kejaksaan Negeri (kejari) Kota Prabumulih, Lakukan pemusnahan barang bukti berupa ganja kering sebanyak 59 Paket, pil extasi 59 paket, sabu-sabu seberat 96,194 gram, 5 Pucuk senjata api, 14 amunisi dan 5 bilah senjata tajam serta 13 unit handphone, yang di laksanakan di halaman kantor Kejaksaan Kota prabumulih, jalan A.Yani no 04 kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih timur, Selasa (12/03/2019).

Acara tersebut juga di hadiri oleh walikota prabumulih Ridho Yahya. ketua DPRD kota prabumulih Ahmad Palo, Kepala BNN kota Prabumulih ibnu mudzakir, Kapolres Prabumulih Tito Hutauruk, Kepala rutan kelas 2B prabumulih Reza Ramdiansyah serta beberapa steakholder lainnya.

Menurut kepala Kajari Kota Prabumulih M Husein Admaja SH, MH mengatakan, pemusnahan barang bukti merupakan dalam perkara tahun 2018 sampai dengan Triwulan Maret 2019. Dan telah inkrah melalui Pengadilan Negeri Prabumulih yang dimaksudkan untuk menciptakan kota Prabumulih yang taat dan tertib hukum.

“Untuk tahun ini kita melaksanakan pemusnahan barang bukti dari perkara kasus yang telah inkrah secara hukum hingga Triwulan pertama tahun 2019 ini. Mulai dari kasus Narkotika, senjata api rakitan dan barang bukti kasus pidana umum lainnya,” kata Husein kepada wartawan usai kegiatan pemusnahan barang bukti.

Untuk BB yang dimusnahkan, kata Husein, berasal dari sejumlah tindak pidana umum diantaranya kasus perjudian, kasus narkoba, kasus pencurian, ilegal logging, serta beberapa minuman keras dan lain sebagainya.

“Jumlah total ratusan barang bukti tersebut berasal dari perkara-perkara yang telah divonis oleh hakim di pengadilan,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Husein, bahwa untuk mengantisipasi agar tindak pidana seperti narkotika tidak terjadi. Pihak Kejari juga akan terus melaksanakan dan melakukan penyuluhan hukum dari intel yang langsung turun ke masyarakat dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian, sekolah, dinkes dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutauruk SH SIk MH menambahkan pihaknya juga akan menindak pelaku tindak kriminal sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Iya kalau kami khususnya Polres Prabumulih sesuai dengan aturan perundang-undangan dan bila memang bersalah kita proses secara maksimal untuk pidananya,” tandasnya.

PENULIS : PUTRI