Kuota 5 Persen PPDB Siswa Prestasi Ditetapkan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Siswa berprestasi atau yang mendapatkan kuota jalur undangan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 untuk jenjang SMP ditetapkan sebanyak 5 persen dari total kuota daya tampung setiap sekolah.

“Siswa berprestasi kita instruksikan 5 persen dari kuota daya tampung, sedangkan zonasi, untuk mengukur jarak, Dinas Pendidikan Kota Palembang bekerjasama dengan Telkom. Dan setiap sekolah wajib menerima 40 persen yang masuk radiasi Telkom dari lulusan sekolah sekitar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto saat memimpin rapat persiapan PPDB 2019 di Ruang Rapat Disdik Palembang, Kamis (14/3/2019).

Meski begitu, Dinas Pendidikan Kota Palembang pada PPDB tahun ini belum bisa menerapkan 100 persen zonasi. Zulinto mengatakan, telah mengeluarkan regulasi bahwa bagi SMP wajib menerima calon siswa baru 40 persen dari kuota wajib zonasi.

“Pemberlakuan 40 persen zonasi ini dikeluarkan agar memudahkan siswa untuk tidak pergi ke sekolah yang jauh, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan tentu akan memudahkan. Untuk sisa kuota 60 persen tersebut akan dibagi menjadi tiga kategori yakni kategori tes seleksi akademik, siswa berprestasi dan siswa yang pindah ikut orang tuanya,” jelasnya.

“Untuk siswa berprestasi tetap kita berikan porsi yakni 5 persen dari kuota. 5 persen untuk siswa pindah ikut orangtua dan sisanya 50 persen yang ikut tes secara akademik,” tambah Zulinto.

Menurutnya, pola ini harus sampai ke masyarakat agar tidak terjadi miss komunikasi. Sehingga pihak Dinas Pendidikan akan melakukan sosialisasi agar pola zonasi bisa tersampaikan berikut kuota yang disediakan.

“Bagi peserta yang tidak lolos baik secara zonasi, berprestasi dan akademik, agar tidak berkecil hati. Pasalnya, daya tampung sekolah negeri terbatas dibanding kebutuhan. Tak usah berkecil hati, apalagi bagi orang tuanya yang mampu, silahkan pilih sekolah swasta. Karena banyak sekolah swasta yang bonafit,” pungkasnya.

Penulis : Zahid Blandino