SIWO Sumsel Seleksi Atlet Porwanas 2020

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) siap menggelar seleksi atlet khusus wartawan, sebagai ajang persiapan menuju Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas)X Papua, April 2020.

Ketua SIWO PWI Sumsel Kawar Dante menjelaskan, seleksi akan digelar mulai Juli 2019, atau setelah Hari Raya Idul Fitri. Agar lebih maksimal, SIWO PWI akan menggandeng Pengurus Provinsi (Pengprov) sejumlah cabang olahraga (Cabor).

“Pengprov Cabor yang nantinya menilai atlet mana yang layak memperkuat kontingen Sumsel di Porwanas 2020, sementara SIWO PWI hanya bertindak sebagai pelaksana saja,” ujar Kawar Dante, Kamis (14/3/2019).

Dante-sapaan akrabnya mengatakan, pelaksanaan Porwanas Papua jadwalnya masih tentatif atau belum fiks, namun dikisaran tanggal 8-24 April 2020. Kemudian, ada delapan cabor yang dipertandingkan, yaitu catur, atletik (lari), bulutangkis, tenis meja, bridge, boling, tenis lapangan dan futsal.

“Sepakbola tidak ada karena jumlah personil yang banyak dan transportasi yang jauh. Jadi sepakbola sifatnya eksebisi, ada lima tim baru dipertandingkan. Untuk entry by name dan entry by number harus sudah masuk pada Januari 2020 untuk seluruh cabor,” tegas wartawan senior ini.

“Tapi untuk entry by name dan entry by number kita masih negosiasi lagi karena biasanya 3 bulan sebelum kompetisi, sebab pada Februari 2020 akan ada Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) di Lubuklinggau,” tambahnya.

Untuk seleksi, tetap akan digelar di Kota Palembang. Ajang seleksi terbuka untuk semua wartawan di Sumatera Selatan, baik media cetak, elektonik maupun media online. Termasuk juga wartawan yang tergabung dalam organisasi lain, selain PWI.

“Tapi syarat utama harus menjadi anggota PWI dan memiliki Katu Uji Kompetensi Wartawan (UKW). kalau wartawan itu berasal dari organisasi lain, Ya dia juga harus mendaftar sebagai Anggota PWI Sumsel dan harus memiliki kartu anggota,” pungkas Dante.

Penulis : Zahid Blandino