Danrem: Memenuhi Syarat, Eks Kompi Bisa Jadi Koramil Model

MAKLUMATNEWS.com,LUBUKLINGGAU — Eks kompi Yonif 141 yang berada di Kota Lubuklinggau bisa dijadikan sebagai koramil model untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dengan ketentuan persyaratan untuk menjadil koramil dipenuhi. Kendati akan dijadikan koramil model belum ditentukan karena harus memenuhi persyaratan seperti barak. Wacana ini terkuak dalam kunjungan kerja (Kunker) Danrem 044 Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono, Kamis (14/3!2019) ke eks Kompi Yonif 141.

Danrem 044 Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono, mengatakan adanya Demplot pertanian eks Kompi di Lubuklinggau diharapkan bisa menjadikan eks kompi yonif 141 ini menjadib Koramil model untuk wilayah Sumsel. Apabila itu terjadi, koramil model ini akan dijadikan sebagai tempat pendidikan bagi anggota baru masuk Koramil atau Kodim.

“Kebetulan tadi, saya diarahkan sama Dandim kesini dulu untuk melihat ini demplot pertanian. Korem Gapo 044 itu ada bios 44 dengan from 44 itu produk dari penemunya Danrem yang lama Pak Brigjen Kunto sekarang beliau Danrem di Sumbar,” jelasnya.

Tentunya kegiatan yang baik tersebut akan dilanjutkan dan kompi akan dijadikan sebagai tempat percontohan pengunaan bios 44.

Perlu diketahui tahun ini Dandim dan Kompi mendapat anggaran perbaikan. Dengan anggaran tadi dan keberadaan demplot eks kompi bisa dijadikan sebagai koramil model.

Dia menegaskan dengan adanya koramil model tujuannya adalah jika ada anggota baru masuk yang ingin masuk Koramil atau Kodim, di didik lebih dulu di koramil model. “Kita ajarin dia bagaimana menjadi babinsa yang baik, staf kodim yang baik, praktek disitu,” bebernya.

Untuk dijadikanb koramil model harus didukung dengan tempatnya ada, ruangan, fasilitasnya lengkap dan personelnya lengkap. Yang terpenting kita lengkapi yang mumpuni untuk mendidik digunakan untuk koramil model.

” Di koramil model nanti. Begitu ada orang baru masuk kewilayah Korem Sumsel, Korem Gapo, kita latih dulu disini. Kalau nantinya jadi betul-betul dijadikan koramil model. Tapi sekarang belum kita tentukan, karena kan ada persyaratan yang lain harus ada barak,” jelasnya.

Masih menurutnya kalau nantinya betul dijadikan koramil model personel harus lengkap. Dalam artian kalau ada personil baru, dididik dahulu disini. Selama satu sampa dua minggu. Setelah itu dilepas ke kesatuan sudah langsung bisa action, tahu apa tugasnya menjadi seorang babinsa, menjadi seorang staf kodim dan sebagainya.

Sekilas pengamatan di eks Kompi Lubuklinggau, apakah bisa dijadikan Koramil model? Sekilas, ini ya diwilayah Sumsel paling bagus. Walaupun saya baru ke OKI sama OI, belum ada yang seperti ini. Tahun ini bikin barak. Nanti yang bios 44 itu pelatihan disini juga itu seluruh wilayah Sumsel.

Bahkan, kata dia, Bengkulu-pun latihan di eks kompi Lubuklinggau. “Minggu depan mulai tanggal 19. Kita akan pelatihan seluruh wilayah sumsel terutama. Kita hidupkan lagi bios 44 karena ini sangat berguna untuk membantu masyarakat bagaimana kita setiap kodim itu bisa memproduksi bios 44 nanti,” timpalnya.

Lebih lanjut, nantinya diberikan gratis kepada masyarakat. Petani atau masyarakat yang butuh bisa untuk pupuk, perikanan dan menghambat karhutla. Banyak sekali manfaatnya. Ini penemuan yang luar biasa.

PENULIS : WAN ASRI