Oknum ASN Diknas Banyuasin Dilaporkan ke Bawaslu Sumsel Karena Diduga Bagi-Bagi Uang Rp 50 Ribu

 

MAKLUMATNEWS.com – Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banyuasin berinisial MS dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel karena ketahuan bagi-bagi uang Rp 50 ribu untuk pemenangan seorang calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI.

Laporan dugaan politik uang oleh MS  tersebut dilakukan oleh  warga Desa Paldas, Kabupaten Banyuasin yang didampingi kuasa hukumnya melaporkan ke Bawaslu Sumsel, Rabu, 20 Maret 2019.

 

Menurut warga, oknum ASN yang secara terang-terangan membagikan uang kepada masyarakat dengan alasan pembentukan Tim Kampanye Caleg DPR RI.

 

Ia menjelaskan tempat kejadian tersebut terjadi di Desa Paldas Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin sekira Pukul 16.00 Sore dengan cara membagikan kepada 850 undangan dan ditukarkan dengan uang sebesar Rp50 ribu per satu undangan.

“Seharusnya ASN tidak diperbolehkan terlibat kampanye politik apalagi dia sedang memakai pakaian safari,” ujar Munir.

Sementara itu  Edison Wahidin selaku staf Penerimaan Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Sumsel menyampaikan bahwa laporan dari warga Desa Paldas Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin sudah diterima pihaknya dan akan segera ditindak lanjuti dengan mengumpulkan berbagai saksi.

“Oleh sebab itu pihaknya akan memanggil saksi dan pihak terkait adanya laporan warga ini,  Secepatnya akan kita kabarkan hasil laporan tersebut,” tutupnya. (*)

Reporter : Deny Wahyudi

Editor      : Aspani Yasland