Anak 6 Tahun Boleh Masuk SD, Asal Ada Rekomendasi Psikolog

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang mengambil kebijakan khusus bagi para pendaftar di jenjang sekolah dasar (SD). Kebijakan khusus tersebut berupa usia minimal yakni 6 tahun, dan jika kurang dari usia tersebut maka tidak diterima.

“Untuk masuk SD umurnya wajib 7 tahun. Nanti kita rankingkan berdasarkan umur mereka. J ika ada kisaran 6,5 hingga 7 masih kita terima. Nah bagi anak yang umurnya 6 tahun wajib mendapatkan rekomendasi dari psikolog,” ujar Kepala Bidang SD Disdik Kota Palembang Bahrin mengatakan, Jumat (12/4/2019).

Dikatakannya, siswa yang masuk SD namun belum sesuai dengan umur yang ditetapkan, sistem data pusat tidak akan menerima atau merekam, sehingga anak tersebut tidak tercatat dan mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Terkecuali usia 6 tahun per 2 Juli, tetapi memenuhi syarat dimaksud.

Di menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa usia masuk SD ditetapkan 7 tahun dan minimal 6 tahun dengan catatan, yakni mengenai aspek fisik, di mana pada usia 7 tahun, anak dianggap paling siap secara fisik. Contohnya saat memegang pensil misalnya, anak sudah lebih mampu jika harus menulis sendiri tanpa bantuan orang dewasa.

“Anak yang terlalu dini masuk SD umumnya masih bermasalah, khususnya di kelas satu, karena ia belum siap untuk belajar berkonsentrasi. Meskipun secara kemampuan intelektualnya dia sudah cukup mampu menyelesaikan soal-soal yang disediakan, walau umumnya anak yang terlalu dini masuk SD memang cukup matang secara akademik,” ungkapnya.
Namun biasanya kata Bahrin, kematangan emosi dan kemandiriannya belum maksimal.

“Padahal di jenjang SD anak tidak lagi akan mendapat perhatian seperti di TK. Ia diharapkan lebih mandiri dan juga tidak lagi terlalu tergantung pada orang tuanya,” pungkasnya.

Editor : Zahid Blandino