As SAJIDIN, 5 TAHUN BERDAKWAH

 MAKLUMATNEWS.com — Hari ini, 2 Mei 2019, Media Islam As SAJIDIN telah berusia 5 tahun. Tak terasa memang. Tepat 2 Mei 2014 silam, media cetak bermisi dakwah islamiyah ini, terbit perdana. Tepat pula dengan Hari Pendidikan Nasional.

As SAJIDIN adalah sebuah media cetak di kota Palembang yang terbit bulanan setiap tanggal 4 Mei beredar. Alhamdulillah, perjalanan media cetak dengan 24 halaman berwarna ini, berjalan lancar sebagaimana layaknya sebuah pers cetak yang sehat. Tak pernah sekalipun dalam rentang waktu 5 tahun tersebut, As SAJIDIN dengan tiras 2.000 eksemplar ini, tidak terbit. Sekali lagi kami harus bersyukur atas pencapaian tersebut, sebab kondisi pers cetak di era pers digital sekarang ini, kerapkali membuat jantung deg-deg-an.

Meskipun dengan 2.000 eksemplar tersebut, As SAJIDIN memang masih terus berjuang untuk lebih dikenal lagi oleh publik secara umum, sebab selama ini memang peredaran (coverage)-nya masih terbatas pada komunitas dan kalangan tertentu. Oleh sebab itu, kami sangat menyadari kondisi tersebut tidak nyaman bagi para pemasang iklan untuk bermitra dengan media dakwah ini. Mudah-mudahan di masa mendatang, keadaan ini makin hari makin berubah kearah yang lebih luas lagi.

5 Tahun silam, As SAJIDIN ini didirikan dari sebuah  majlesi pengajian setiap malam Jumat di Masjid Al Furqon, Palembang, yang lokasinya di kompleks Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon. Saat itu, ada kajian ayat-ayat terakhir Surah (74) Al Muddatsir, maka diputuskannah As SAJIDIN ini, berada dibawah naungan PT Al-Muddatsir Media Utama. Tujuannya adalah untuk menyebarkan luaskan hasil-hasil kajian itu kepada masyarakat luas. Juga untuk bahan komunikasi antara pimpinan SIT Al-Furqon dengan para orangtua murid.  Namun demikian, dalam perjalanannya media cetak bermotto : “Menebar Ilmu Meraih Hikmah” ini, justru berkembang menjadi pers mainstream yang dikelolah secara manajemen pers. Alhamdulillah, ternyata As SAJIDIN justru diterima dan makin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya kalangan umat Islam. Berbarengan dengan itu, beberapa rekan bisnis juga turut berpartisipasi memasang produk iklannya. Tanpa berbangga hati, As SAJIDIN sudah menjelma menjadi satu-satunya media cetak di kota Palembang ini, yang reguler atau istikomah terbit mengunjungi pembacanya, tentu dengan segmentasi dan kelas perusahaan pers-nya.

As SAJIDIN memang fokus dakwah islamiyah. Pemilik As SAJIDIN GROUP H.Emil Rosmali selalu menekankan semua konten media cetak ini, tujuannya berdakwah. Bahkan, Emil bertekad walaupun kue iklan yang menjadi darahnya sebuah media cetak, minim di As SAJIDIN, maka sekuat tenaga media ini tetap eksis sebagai media dakwah.

Emil Rosmali selalu memberikan semangat setiap gerak dalam mengelola As SAJIDIN ini, haruslah berpedoman kepada Alquran Surat (47) Muhammad ayat 7 yang artinya, “ Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.

Spirit rohani inilah yang terus dikobarkan Emil Rosmali dalam membawa kakapl As SAJIDIN ini dalam mengarungi samudera luas yang terkadang ada badai, ombak dan angin yang menerpa. Semangat ilahi inilah, terkadang, kata Emil Rosmali, justru mendatangkan keuntungan materi yang justru berkat tali-temali dan nuansa eksistensi As SAJIDIN yang terus menyampaikan dakwahnya. “Itulah bentuk pertolongan Allah, yang harus kita yakini,” tegas Emil Rosmali.

As SAJIDIN, 5 Tahun Berdakwah, semoga keberadaannya makin berfaedah bagi umat islam, dakwah dan izzul islam wal muslimin. Hasbunallah wani’mal wakil, ni’mal maulah wani’mannasir.[]Aspani Yasland