Nonaktifkan Bawaslu Empat Lawang, Bawaslu Sumsel Keluarkan Rekomendasi Ambil Alih Rekapitulasi Suara

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel merekomendasikan KPU Sumsel mengambil alih rapat pleno rekapitulasi suara KPU Kabupaten Empat Lawang sekaligus menonaktifkan sementara Bawaslu Kabupaten Empat Lawang. Rekomendasi tersebut dikeluarkan menyusul terjadinya insiden kericuhan saat rapat pleno rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Empat Lawang, kemarin, Selasa (7/5).

“Bawaslu sudah mempelajari insiden keamanan di Empat Lawang saat pleno rekapitulasi suara yang didasari ketidakpercayaan para saksi dan masyarakat dan kita juga tengah menerima beberapa laporan dugaan pelanggaran terutama pada proses rekapitulasi ditingkat kecamatan dan kabupaten Empat Lawang,” ujar Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto, Rabu (8/5).

Dikatakan Iin, berkaca dari situ Bawaslu Sumsel sudah merekomendasikan KPU Sumsel agar proses rekapitulasi Empat Lawang bisa dilakukan dan ditarik serta diambil alih oleh KPU Sumsel sebagaimana diatur dalam pasal 555 ayat 3 uu 7 tahun 2017.

“Tentu harus mereka cek dulu terkait kesiapan KPU Empat Lawang untuk melaksanakan proses rekap ini, jika dimungkinkan ini bisa diambil alih, Bawaslu rekomendasikan untuk diambil alih KPU Sumsel,” katanya.

Pada proses rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten Empat Lawang, Bawaslu Sumsel telah menerima bukti-bukti dari sejumlah pelapor. Yang mana adanya perbedaan antara C1 dengan DA1. Selain itu juga adanya laporan bahwasanya rekapitulasi suara tidak sesuai dengan prosedur dan undang- undang 7 tahun 2017 dan peraturan KPU yang berlaku saat ini.

Bawaslu Sumsel lanjut Iin akan melakukan sidang pendahuluan terkait dugaan pelanggaran administrasi untuk mengetahui apakah benar telah terjadi pelanggaran prosedur, administrasi dan mekanisme pada rekapitulasi dibeberapa kecamatan di Empat Lawang.

“Jadi saat ini ada laporan yang akan kami gabungkan menjadi satu untuk memeriksa dugaan pelanggaran admnistrasi terkait prosedur, tatacara dan mekanisme rekapitulasi suara,” katanya.

Iin menambahkan, Bawaslu Sumsel telah melakukan rapat pleno dan mengambil keputusan secara kolektif dan kolegial memutuskan menonaktifkan sementara Bawaslu Empat Lawang untuk proses rekapitulasi suara Kecamatan Talang Padang dan Muara Pinang.

“Dikarenakan kami harus berkerja cepat agar dapat kepercayaan masyarakat. Kita sudah lakukan kajian bersama kawan-kawan dan membaca laporan dan supervisi, jadi untuk kemaslahatan dan mempercepat porses. Ini juga seiring surat KPU Sumsel untuk mengambil alih. Untuk mengantisipasi kecurangan maka kita ambil alih sementara untuk dua kecamatan,” katanya.

Reporter : Jon Morino