Wagub Sumsel Lihat Kondisi Jalan Longsor. Targetkan 3 Hari Jalan Rampung Diperbaiki

MAKLUMATNEWS.com, INDERALAYA — Usai mendapat informasi jalan putus akibat diterjang hujan deras dan air Sungai Ogan di Desa Lubuk Keliat, Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Selasa (14/5) pukul 10.00 pagi, Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya bersama Dinas PUPR Sumsel langsung meluncur ke lokasi. Meski mendapati kerusakan cukup parah, Mawardi memastikan akses jalan utama masyarakat ini paling lambat sepekan sudah bisa kembali dilalui.

” Paling lama seminggu jalan ini harus sudah bisa dilewati mobil dan kendaraan lainnya. Bukan hanya itu seluruh lobang-lobang dalam yang ada di sepanjang jalan ini juga saya minta diatasi. Makanya Dinas PU, kontraktor dan PPTK hari ini kita bawa semua meninjau langsung ke lokasi,” tegas mantan Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) tersebut.

Bahkan wagub Sumsel langsung megnstruksikani kepala bidang jalan Dinas PUPR Provinsi untuk memperbaiki jalan tersebut.

“ya kita targetkan selesai dalam tiga hari kedepan dan pengerjaannya harus dikebut siang dan malam, Sehingga aktivitas masyarakat seputar bisa kembali normal begitu pula masyarakat yang hendak bepergian ke oku bisa lancar kembali, “kata Wagub Sumsel H Mawardi Yahya.

Sebelumnya warga Kecamatan Lubuk Keliat Kitum (50) mengatakan amblasnya jalan ini karena derasnya guyuran hujan selama tiga jam pada senin malam di kecamatan Lubuk Keliat dan sekitarnya,”ujarnya.

Derasnya hujan mengakibatkan jalan provinsi mengalami Abrasi atau amblas yang semakin parah lebih kurang sepanjang 30 meter dari sungai sampai menghantam jalan provinsi tersebut.

Ditambahkannya , untuk jalan provinsi yang abrasi tersebut saat ini tidak bisa dilalui kenderaan roda empat dan untuk kenderaan roda dua masih bisa melintas namun harus extra hati hati.

Elvi Yanto (43) warga Desa Ulak Kembahang mengatakan, kondisi jalan sebenarnya sudah lama retak-retak, “sudah pernah kita laporkan ke pejabat terkait namun belum ada tanda tanda untuk diperbaiki,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya kejadian tersebut agar pemerintah provinsi melalui dinas yang terkait akan segera turun kelokasi untuk memperbaiki jalan propinsi yang merupakan jalur alternatif dari kabupaten OI menuju kabupaten OKU dan OKUT. “Kami sangat berharap sekali lagi kepada pemerintah agar jalan provinsi yang amblas tersebut cepat diambil tindakan apalagi menjelang hari raya idul fitri jalan tersebut bisa kami gunakan seperti biasanya,”katanya.

Reporter : Henny Primasari