102 Desa di OKI Akan Pilkades Serentak

MAKLUMATNEWS.com, KAYUAGUNG — Pada November 2019, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Sebanyak 102 desa akan mengikuti Pilkades serentak ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Hj Nursula mengatakan, Pemkab OKI melalui dinas PMD saat ini telah melakukan pendataan terhadap desa-desa, yang kepala desanya telah habis dan bakal habis masa jabatannya, untuk diikutsertakan dalam Pilkades serentak tahun 2019.

“Untuk saat ini jumlah desa yang akan memilih kepala desa baru pada tahun ini ada sebanyak 102 desa. Desa yang melaksanakan Pilkades ini tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten OKI,” katanya, Senin (13/5/2019).

Adapun rincian yang telah terdata dari 18 kecamatan, yang desanya bakal mengikuti pilkades serantak tahun 2019 yakni, Kecamatan Tanjung Lubuk sebanyak 7 Desa, Kecamatan Pedamaran 1 Desa, Mesuji 5 Desa, Kayuagung 3 Desa, SP Padang 8 Desa, Tulung Selapan 6 Desa, Pampangan 6 Desa, Lempuing 9 Desa, Air Sugihan 4 Desa dan Sungai Menang 10 Desa.

Selanjutnya Kecamatan Jejawi sebanyak 4 desa, Cengal 4 Desa, Pangkalan Lampam 7 desa, Mesuji Raya 5 desa, Mesuji Makmur 8 desa, Teluk Gelam 6 desa, Pedamaran Timur 1 desa dan Kecamatan Lempuing Jaya sebanyak 8 desa.

Sementara itu, untuk desa yang kadesnya mencalonkan diri sebagai calon kades atau sudah purna jabatannya, maka untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa akan diisi (Pj) atau pelaksana tugas (Plt).
“Kades yang sudah habis masa jabatannya atau ikut lagi mencalonkan diri maka sementara ini akan diganti Pj atau Plt,” terangnya.

REPORTER : AMRINA ROSYADA