Penetapan Ketua DPRD Sumsel, Yansuri : Itu Ditentukan DPP Golkar, Daerah Hanya Usulkan 2 Nama

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Perolehan kursi partai politik sudah terlihat, dari perolehan pileg tahun April lalu Golkar meraih 13 kursi untuk DPRD Sumsel. Dengan perolehan tersebut Golkar dipastikan akan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Sumsel periode 2019-2024, siapa yang akan menduduki kursi Ketua DPRD wewenang DPP partai Golkar.

“Siapa yang akan ditetapkan menjadi ketua DPRD nanti adalah keputusan DPP, siapapun yang diputuskan DPP kita tunggu saja karena prosesnya masih lama,” kata Wakil Ketua DPD Golkar Sumsel, M Yansuri ditemui usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Rabu (15/5).

Sebelum itu, dilanjutkan Yansuri DPD terlebih dahulu mengusulkan 2 nama anggota DPRD Sumsel dari fraksi Golkar, dari dua nama tersebut lah berpeluang untuk menduduki kursi Ketua DPRD.

“Tentu yang berpeluang untuk duduk sebagai ketua itu, yang pertama meraih suara terbanyak pada saat pemilu, kemudian berpengalaman, yang ketiga loyal dengan partai atau tidak pernah berpindah ke partai lain,” kata Dia.

Yansuri memiliki peluang untuk menduduki kursi ketua karena pada periode ini Yansuri menjadi wakil ketua. Untuk itu ia akan memanfaatkan momentum ini untuk meraih kesuksesan.

“Kita harus memanfaatkan kesempatan dengan baik dalam bidang apapun. Jika momen ini dengan baik maka yakin lah akan sukses,” kata dia.

Sementara saat awak media mempertanyakan karena hanya 21 anggota DPRD Sumsel yang hadir pada saat paripurna kali ini dengan agenda HUT provinsi yang ke 73 tahun? Dirinya menyebut sedikitnya yang hadir karena masih mengurusi pileg lalu.

“Tidak sampai 30 orang petahana yang menang, mungkin ada anggota DPRD yang tidak hadir karena disebabkan masih mengurusi pemilu dan melakukan persiapan ke Mahkamah Konstitusi (MK), tapi saya kurang tahu juga,” tukasnya.

Reporter : Jon Morino