Sibuk Urus Pemilu, Banyak Anggota Dewan Tak Hadiri Rapat Paripurna HUT Sumsel

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sumsel ke XXVIII dengan agenda HUT Provinsi Sumatera Selatan yang ke 73 di gedung DPRD Sumsel hanya dihadiri segelintir anggota DPRD Sumsel. Dari 75 anggota DPRD Sumsel, hanya sekitar 21 anggota yang datang menghadiri rapat paripurna tersebut.

Padahal rapat paripurna istimewavini dihadiri oleh banyak undangan seperti Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, bupati se Sumsel dan pejabat lainnya.

Menanggapi hal ini, Wakil ketua DPRD Sumsel, Yansuri mengungkapkan ketidakhadiran sebagian besar anggota dewan mungkin dikarenakan masih sibuk dengan hasil pemilu.

“Mungkin mereka masih ada beberapa perjuangan dan ke MK. Lagian yang kembali masuk (terpilih), incumbent kurang dari 30 orang, lainnya berguguran,” ungkapnya, Rabu (15/5).

Menurut Yansuri, rapat paripurna istinewa memang tidak perlu quorum, tapi cukup disayangkan banyak anggota DPRD Sumsel yang tidak hadir.

“Kurang tahu jadi atau tidak mereka hadir, dan mayoritas yang datang adalah yang jadi, dan syukurlah banyak yang baru,” ujar Yansuri.

Hal senada dikatakan Gubernur Sumsel, Herman Deru saat ditanyai banyaknya anggota DPRD Sumsel yang tidak hadir. Dikatakan Deru, jika rapat paripurna istimewa tidak perlu quorum. Rapat paripurna istimewa tetap bisa dilaksanakan jika hanya beberapa orang anggota dewan yang hadir.

“Beliau yang tidak hadir mungkin ada kesibukan lain. Anggota dewan kan tempat tinggalnya tidak di Palembang semua, jadi mungkin mereka ada kegiatan lain,” ujar Deru.

Reporter : Jon Morino