Pileg 2019 Hasilkan Generasi Politik Dinasti Baru di Sumsel

MAKLUMATNEWS.com—Mengejutkan !!! Mungkin kata itu yang sontak terucap ketika melihat dan mengamati hasil pemilihan legislatif (Pileg) 2019, baik itu untuk anggota dewan seluruh tingkatan maupun dewan perwakilandaerah (DPD) khususnya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kenapa? Karena dari nama-nama yang terpilih dan melenggang ke dewan dan DPD justru, terdapat nama –nama yang ada kaitannya dengan para pejabat Sumsel atau dengan kata lain yang lebih dikenal dengan istilah politik dinasti.

Memang Politik Dinasti tidak ada larangan yang termaktub undang-undang Pemilu atau peraturan lainnya. Namun faktanya memang telah muncul politik dinasti baru hasil Pileg 2019. Generasi baru dalam politik dengan asas kekeluargaan dan kekerabatan serta hubungan family.

Berdasarkan hasil penelurusan dan informasi yang berhasil dihimpun MAKLUMATNEWS.com , politik dinasti sangat terasa di kota Palembang. Sejumlah nama yang terpilih sebagai anggota dewan erat kaitan kekerabatan dengan Walikota Palembang H. Harnojoyo. Mereka yang lolos tersebut adalah calon legislatif (Caleg) dari Partai Demokrat dimana Harnojoyo sebagai Ketuanya untuk DPD Palembang.

Partai Demokrat Palembang kali ini mendulang hasil fantastik dengan mayoritas perolehan suara untuk DPRD Kota Palembang masa bhakti 2019-2024 dengan 11 kursi. Yang mengisi kursi tersebut antara lain Yuriana merupakan adik kandung Harnojoyo, kemudian M.Arnisto Boling, putra kandung Walikota Palembang dua periode ini, selanjutnya ada juga keponakannya bernama Ferry Anugrah. Dan terakhir yang terpantau adalah Caleg Terpilih bernama Tamtama yang sukses duduk sebagai anggota DPRD Sumsel juga dari Partai Demokrat.

Selain Walikota Palembang H. Harnojoyo, anggota DPR RI asal Sumsel yang sudah kawakan H.Kahar Muzakkir juga berhasil menghantarkan anak menantunya Evi Susanti sebagai anggota DPD RI 2019-2024 utusan Sumsel. Evi ini juga adalah isteri dari Wahyu, anak Kahar Muzakkir, yang juga kali ini terpilih kembali sebagai anggota DPR RI untuk ketiga kalinya, termasuk juga Kahar Muzakkir sendiri.

Bagi Provinsi Sumsel, Pemilu 2019 kali ini telah menghantarkan empat orang yang semuanya perempuan dan wanita muda terpilih secara meyakinkan duduk sebagai anggota DPD RI lima tahun  ke depan.  Ini juga mengejutkan !!!

Jialika Maharani yang baru lulus sarjana dari Universitas Indonesia terpilih jadi anggota DPD RI adalah anak kandung dari Bupati Ogan Ilir Ilyas Pandji sekaligus keponakan Gunhar yang juga kembali terpilih jadi anggota DPR-RI dari PDIP Sumsel.

Wanita muda lainnya yang terpilih jadi senator asal Sumsel adalah Amalia Sobli yang kabarnya keponakan dari Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya dan Walikota Prabumulih H.Ridho Yahya.

Mereka adalah para politikus yang baru terpilih meramaikan dunia perpolitikan dalam negeri dengan embel-embel politik dinasti.

Sebelumnya memang sudah dikenal seperti mantan Gubernur Sumsel dua periode H.Alex Noerdin juga terpilih jadi anggota DPR-RI bersama anak putrinya Lury Alex Noerdin dari Partai Golkar. Mantan Wakil Gubernur Sumsel H.Ishak Mekki juga sukses melenggang ke Senayan, bersamaan dengan itu anak sulungnya H.Murchendi juga terpilih kembali menjadi anggota DPRD Sumsel.Termasuk juga Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang mempunyai anak bernama Percha Leanpuri yang sukses terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Nasdem. Percha memang sudah lama bergelut di dunia politik, dua kali terpilih jadi anggota DPD dan pernah mencaponkan diri sebagai Bupati OKU. Herman Deru juga kakak kandung dari Mertus Berlas yang kembali terpilih jadi anggota DPR RI adai Partai PKB.

Politik Dinasti hasil Pileg 2019 ini sebuah keniscayaan dalam politik di tanah air ini. Mungkin di 15 kabupaten dan kota di Sumsel, juga banyak yang melakukan praktek politik dinasti ini, hanya saja belum terkuak jelas. []Aspani Yasland