2020, Kabupaten Palembang Ulu Harus Sudah Terbentuk

Masyarakat Antuasias Atas Rencana Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Presidium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu (P3KPU) melakukan sarasehan yang berlangsung di Aula Gedung DPD RI Sumsel, Senin (10/6).

Ketua Presidium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu (P3KPU ) Suparman Romans mengatakan, antusias masyarakat, terutama tokoh Palembang Ulu, sangat luar biasa dengan acara ini. Pasalnya, pada rapat pertama hanya dihadiri 20 orang, tapi acara sarsehan kemarin lebih dari 100 orang, dari 5 kecamatan di Palembang Ulu hadir.

“Dengan terbentuknya Kabupaten Palembang Ulu, maka pembangunan di Palembang Ulu harus dipacu lebih cepat. Karena punya anggaran sendiri, dan PAD sendiri, ” katanya.

Menurutnya, masyarakat di Palembang Ulu yang akan merasakan dampak dari berbagai sisi jika Kabupaten Palembang Ulu terbentuk. Oleh sebab itu antusias masyarakat sangat luar biasa. “Sejauh mana pembangunan Palembang Ulu. Misalnya tingkat kemisikinan, masalah pengangguran. Dengan terbentuknya Kabupaten Palembang Ulu, maka pemerataan pembangunan jadi lebih cepat, ” katanya.

Suparman menjelaskan, untuk persyaratan pembentukan Palembang Ulu sudah cukup, baik dari administrasi, demografi, SDA, pendapatan dan jumlah penduduk.

“Target kita 2020 Kabupaten Palembang Ulu sudah terbentuk, tim kita sudah menyusun berbagai persiapan. Kita akan terus berjuang, pusat tidak akan menutup mata, karena ini aspirasi dari masyarakat bawah,” katanya.

Suparman mengungkpkan, pihaknya sudah memantapkan komposisi. Masyarakat hadir, siap berjuang untuk Kabupaten Palembang Ulu.
“Kita konsultasi dalam pengusulan DOB. Tokoh di sini punya jaringan di pusat. Kita layangkan surat ke Gubernur. Dari teman-teman kita yang sudah bertemu Gubernur, ada atensi positif dari beliau. Teman-teman di DPRD juga mendorong,” pungkasnya” katanya.

Senada tokoh masyarakat Palembang Ulu M Toyib Akib, juga merasa yakin pemekaran Palembang adalah jalan terbaik agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Sosok yang akrab dipanggil Aba Toyib inipun menegaskan ia dan masyarakat Palembang Ulu siap mendukung dan mengawal rencana ini. “ Rencana ini sudah cukup lama kita rintis, tapi dulu kita kurang kecamatan. Nah ini saat yang tepat, mari kita bahu membahu untuk mendukungnya,” ujar sosok yang disegani di Kota Palembang ini.

Reporter : Sandrie Gawoh