September 186 Desa Di Mura Kembali Diguyur ADD Tahap II dan DD Tahap III

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — September 2019 mendatang 186 desa dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan mendapatkan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Rincinya untuk DD tahap III setiap desa akan menerima 30 persen. Sedangkan untuk ADD tahap II sebesar 50 persen.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (DPPKAD), Kabupaten Mura, Zulkifli, mengakui bahwa dana DD dan ADD akan cair September 2019 mendatang. Untuk DD pencairan tahap III sebanyak 30 persen. Sedangkan untuk ADD tahap II pencairan sebanyak 50 persen.

Dikatakannya pencairan dilakukan menunggu rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), kalau rekomendasi minta dicairkan, kita cairkan. Sebaliknya kalau tidak ada rekomendasi tidak dicairkan.

“Kalau tidak ada rekomendasi tidak dicairkan. Pencairan sendiri diusulkan Kepala Desa (Kades) melalui Camat. Kemudian yang mengusulkan DPMD,”terangnya.

Bagaimana dengan kelurahan? dia mengatakan untuk kelurahan ada 13 kelurahan dalam wilayah Kabupaten Mura. Masing-masing kelurahan mendapat bantuan Rp 1,1 milyar. Bentuknya hampir sama dengan DD.

Disinggung kalau ada penyelewengan? dia mengatakan kalau ada penyelewengan dana, itu kewenangan DPMD dan inspektorat yang melakukan pengawasan. Sedangkan DPPKAD cuma melakukan pencairan saja.
“Kewenangan pengawasan ada pada DPMD dan inspektorat. Sedangkan DPPKAD cuma mencairkan saja,”pungkasnya.

Reporter : Wan Asri