Gara-Gara Beli Senjata ke Rusia, AS Gertak Erdogan  

MAKLUMATNEWS.com — Polemik akibat pembelian persenjataan oleh Turki dari Rusia. Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan sanksi ekonomi atas rencana pembelian sistem pertahanan rudal buatan Rusia oleh Turki tetap menjadi opsi yang sangat layak.

Sementara itu Presiden Turki Tayyip Erdogan bersumpah untuk membalasnya jika itu terjadi. Selanjutnya asisten Menter Luar Negeri AS untuk Urusan Politik-Militer Clarke Cooper mengatakan AS dan sekutu NATO lainnya tetap dalam diskusi dengan Turki tentang penyelesaian sengketa.

“Mencari resolusi masih dalam bidang yang memungkinkan hari ini, tetapi pengenaan sanksi tetap menjadi tindakan dan sangat layak pada saat ini,” kata Cooper dalam kunjungannya ke Brussels, seperti dikuti dari Reuters, Jumat, 21 Juni 2019.

Sementara itu di Istanbul, Erdogan mengulangi bahwa pembelian sistem S-400 Rusia adalah kesepakatan yang dilakukan dan mengatakan Amerika Serikat harus berpikir dengan hati-hati sebelum menjatuhkan sanksi pada anggota NATO.

“Saya tidak melihat kemungkinan sanksi ini terjadi. Namun, jika mereka melakukannya, kita akan memiliki sanksi kita sendiri,” imbuhnya.

Washington telah berulang kali mengancam akan menjatuhkan sanksi kecuali Ankara mundur dari pembelian S-400. Erdogan mengatakan pengiriman sistem akan dimulai pada paruh pertama Juli.(*)

Editor : Aspani Yasland