Polisi dan Pemalak Saling Kejar Bak Film Laga

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Jajaran Kepolisian Subsektor (Polsek) Mesuji Raya, Kabupaten OKI, sempat kesulitan untuk meringkus diduga pemalak sopir truk yang beraksi di Jalan Poros Desa Balian, Kamis (04/07).

Pasalnya, pelaku yang berjumlah lima orang dan satu di antaranya masih di bawah umur itu dengan sigap menghindari sergapan polisi dengan mengendarai mobil. Bahkan proses penangkapan sendiri bak adegan film laga, di mana Polisi harus bersusah payah mengejar kendaraan pelaku pemalakan (sempat kejar-kejaran mobil sejauh 15 kilometer (Km).

Kapolsubsektor Mesuji Raya, Ipda Ilham Parlindungan dalam keterangan persnya Jumat (05/07), mengatakan, empat pemalak yang berhasil diringkus yakni, Kalung (22), Bakri (20), RC (18), dan AK (16), warga Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI.

“Saat kita tiba di TKP, ternyata mobil yang digunakan para pelaku masih ada. Kemudian saat akan dilakukan pemeriksaan, pelaku yang masih berada di dalam mobil langsung melarikan diri sambil berusaha menabrak petugas,” tutur Ilham.

Menurutnya, dari situlah aksi kejar-kejaran antara petugas dan pemalak terjadi. Mobil pelaku baru berhasil dihentikan, setelah kendaraan aparat mendahului dan memepet mobil yang ditunggangi oleh pelaku. Bahkan mobil petugas harus rela ditabrak kendaraan pemalak yang sudah dalam keadaan terdesak.

“Para pelaku yang lari itu kami kejar hingga 15 kilometer, dan berhasil kami amankan, masih di wilayah Mesuji Raya, di Desa Balian. Saat diamankan para pelaku tidak melawan karena kami lakukan tindakan tegas sebagai upaya paksa,” jelasnya, seraya mengatakan jika satu orang berhasil kabur ke dalam hutan.

Lanjut Ilham, sedangkan aksi pemalakan yang dilakukan pelaku memaksa para supir truk yang melintas untuk membayar uang sebanyak Rp50.000. “Jadi, aksi (pemalakan) ini, kita mendapatkan laporan dari salah satu sopir yang sudah jadi korban pemalakan ini,” katanya.

Dari hasil penggeledahan di mobil pelaku petugas menemukan masing-masing pelaku ini menyimpan senjata tajam. Selanjutnya, para pelaku berikut barang bukti berupa senjata tajam, uang dan kendaraan yang digunakan pelaku diamankan di Mapolsek Mesuji Raya.

“Mereka saat beraksi menggunakan senjata sajam, maka akan kita jerat dengan UU Darurat No 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 Tahun,” tandasnya.

Reporter : Amrina