Inilah Harta Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang Ditangkap KPK

 

MAKLUMATNEWS.com – Pejabat Negara seolah tiada kapok-kapoknya untuk korupsi, kali ini penyidik KPK menangkap dan mengamankan Gubernur Kepri Nurdin Basirun dalam operasi tangkap tangan (OTT), Rabu, 10 Juli 2019.

Meski masih dalam dugaan, ternyata nilai harta orang nomor satu di Kepri ini, sudah kaya melimpah, tapi masih doyan korupsi.Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses Kumparan.com yang dikutip MAKLUMATNEWS.com, di laman elhkpn.kpk.go.id, Nurdin tercatat memiliki total harta senilai Rp 5.873.120.516.

Harta tersebut dilaporkan pada tanggal 29 Mei 2018 saat sudah menjabat sebagai gubernur. Nominal itu terdiri dari harta tak bergerak berupa 10 tanah dan bangunan di wilayah Karimun senilai total Rp 4.461.428.564.

Selain tanah, Nurdin juga tercatat memiliki harta tak bergerak senilai total Rp 370 juta dengan rincian satu unit mobil Honda CR-V Jeep senilai Rp 180 juta, satu unit mobil Toyota New Camry senilai Rp 80 juta, dan satu unit Honda CR-V senilai Rp 100 juta.

Selain harta bergerak dan tidak bergerak, Nurdin juga tercatat memiliki harta lain berbentuk giro dan setara kas lainnya senilai Rp 581.691.952 dan harta bergerak lainnya senilai Rp 460 juta. Jika dikalkulasikan, Nurdin tercatat memiliki harta senilai total Rp 5.873.120.516.

Dalam OTT tersebut, Nurdin ditangkap bersama lima orang lainnya. Kelima orang tersebut, merupakan pejabat daerah yang berasal dari unsur kepala daerah, kepala dinas, kepala bidang, PNS, dan swasta.

OTT tersebut diduga berkaitan dengan kasus dugaan suap izin lokasi rencana reklamasi. Keenamnya sudah dibawa ke Polda Kepri dan menjalani pemeriksaan sementara.(*)

 

Editor : Aspani Yasland