Hari Ini USMB Dilakukan Serentak, Unsri Palembang Terima 2213 Mahasiswa, yang Daftar 7026 Peserta

MAKLUMATNEWS.com – Hari ini, Rabu, 17 Juli 2019,  Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) berbagai fakultas di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang diikuti 7026 orang, sementara yang bakal diterima sebanyak 2213 orang.

“Ya, hari ini jumlah peserta USMB sebanyak 7026 dari daya tampung yang kita terima sebanyak 2213 calon mahasiswa,”ujar Kepala Bidang Humas USMB Unsri Palembang ,  Prof Dr Zulkifli Dahlan, Rabu, 17 Juli 2019.

Dia memaparkan dari 7026 peserta tersebut terdiri dari tiga bagian proses seleksi. Mulai dari Saintek berjumlah 3.706 peserta ujian, Soshum sebanyak 2502 peserta dan campuran sebanyak 518 peserta.

Zulkifli menyebutkan dari ribuan peserta yang mengikuti USMB, sebagian ada yang gagal masuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau bahkan ada yang baru ikut tes dan langsung memilih jalur USMB. Pasalnya, pekan lalu ada sebanyak 3700 mahasiswa yang telah lolos lewat jalur SBMPTN dari total 7200 peserta.

 

“Dan untuk diketahui, untuk USMB ini, selain memilih Unsri, mereka juga mengisi Perguruan Tinggi Swasta atau PTS cadangan dari 10 PTS yang ikut bersama dalam proses USMB,”jelasnya.

 

Beberapa PTS yang ikut sendiri adalah Universiras Bina Darma, PGRI, UTP, UIGM, MDP, Universitas Sumsel, Universitas Candradimuka, Stisipol, dan lainnya.

 

Disinggung mengenai peminat fakultas dari jalur USMB ini sendiri, Zulkifli menyebutkan peserta banyak memilih Fakultas Hukum (FH) kemudian baru diikuti pendidikan dokter umum (FK), Manajemen (FE) Farmasi (MIPA) dan Pendidikan Dokter Gigi (FK).

 

Sementara itu, Andrean Afri Sandi, salah satu peserta USMB yang datang dari Banyuasin mengatakan bahwa dirinya mengikuti jalur USMB dengan pilihan Program Studi Ilmu Komunikasi.

 

“Persiapan sudah beberapa minggu yang lalu mendaftar. Belajar mengerjakan soal-soal juga sudah. Mudah-mudahan lolos seleksi,”harapnya.(*)

 

Reporter : Sugi

Editor      : Aspani Yasland