RZ Berdayakan Ekonomi Rakyat Dengan Mengedepankan Potensi Lokal

MAKLUMATNEWS.com, BANYUASIN –Rumah Zakat menggulirkan program pemberdayaan ekonomi yang berbasis potensi lokal. Seperti halnya yang dilakukan di Desa Berdaya Rejodadi, Kecamatan Sembawa Banyuasin, Sumatera Selatan.

Menurut Heri Sumardi selaku Fasilitator Desa Berdaya Rejodadi, potensi pengembangan pasar lele di desanya sangat tinggi, namun belum ada yang serius membudidayakan ikan air tawar tersebut.

Melihat hal ini maka pada awal tahun 2018 Rumah Zakat melalui program Senyum Mandirinya membuat program budidaya ikan lele untuk warga Rejodadi.
.
“Budi daya lele ini menjadi sumber peningkatan ekonomi alternative, sekaligus sebagai sarana belajar bisnis bagi masyarakat kurang mampu terutama remaja pengangguran yang ada di Desa Rejodadi,” tutur Heri.

Dalam satu tahun program budidaya lele di Desa Berdaya Rejodadi berkembang cukup pesat, dari empat kolam menjadi 32 kolam dengan jumlah perkolam 1.500 hingga 2.000 ekor lele.

Menurut Heri keuntungan yang diperoleh secara individu rata-rata mencapai Rp1,5 juta per panen yaitu setiap tiga bulan sekali. Bulan Juni 2019 merupakan jadwal panen raya bagi kelompok Berkah Sejahtera, dimana hampir semua kolam dipanen.
.
“Alhamdulillah bulan ini kami mendapat berkah yang luar biasa. Ada panen raya, diresmikannya kelompok usaha sebagai BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat Berdaya), dan bisa tambah satu tanggota dengan penambahan tiga kolam lele,” ucap Heri. ( rel)