Mobil Pengangkut 24 Orang Tahanan Terbalik di Jalintim

MAKLUMATNEWS.com, INDERALAYA — Mobil tahanan jenis minibus dengan muatan 24 orang narapidana yang akan dIpindahkan dari Lapas Pakjo Palembang ke Lapas Kayuagung Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, terbalik pada Sabtu (20/7/2019) sekitar pukul 12.00 siang.Peristiwa ini terjadi di jalan lintas timur Palembang-Lampung Desa Sukaraja Kecamatan Indralaya Selatan Ogan Ilir.

Sejumlah napi mengalami luka di bagian kepala dan lengan dalam kecelakaan. Informasi sementara menyebutkan, tidak ada napi yang kabur dalam peristiwa tersebut.

Dari tayangan video amatir yang didapat dari warga usai kejadian, terlihat kendaraan minibus yang membawa tahanan dalam kondisi terguling di tengah jalan.

Sejumlah tahahan yang sudah dievakuasi dari dalam mobil juga terlihat sudah dikumpulkan dan diawasi dengan ketat oleh aparat yang mengawal mobil tersebut. Beberapa napi dirawat oleh seadanya oleh sesama napi.

Saat terjadi kecelakaan, selain membawa sopir dan 24 tahanan, kendaraan itu juga membawa 2 orang pengawal dari petugas keamanan. Sopir minibus juga menderita luka-luka dalam kecelakaan itu, sedangkan petugas keamanan hanya mengalami mengalami luka ringan.

Petugas polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Ogan Ilir Bripka Eko Prianto mengatakan, kendaraan minibus itu mengalami kecelakaan tunggal saat hendak menuju Kayuagung dari Palembang.

“Minibus terjungkal saat menghindari tabrakan dengan kendaraan boks yang melaju dari arah sebaliknya,” katanya.

Eko menambahkan, seluruh tahanan sudah dievakuasi oleh petugas dan langsung dibawa ke Lapas Tanjung Raja Ogan Ilir untuk mendapat penanganan.

“Semua tahanan sudah dibawa ke Lapas Tanjung Raja dengan pengawalan tadi,” ucap dia.

Petugas Lapas Tanjung Raja Ogan Ilir Arfan yang datang membantu mengevakuasi tahanan mengatakan, semua tahanan sudah berada di lapas Tanjung Raja dan sudah mendapat penanganan untuk luka-lukanya.

“Semua tahanan ditransitkan sementara di Lapas Tanjung Raja sebelum dibawa ke tujuan mereka di Lapas Kayuagung,” katanya.

Arfan memastikan semua tahanan berhasil dievakuasi dan tidak yang mengambil kesempatan melarikan diri dalam kecelakaan itu.

“Aman, semua aman, tidak ada yang melarikan diri, sekarang mereka sudah di Lapas Tanjung Raja,” katanya.

Sempat terjadi kemacetan cukup panjang dalam kejadian itu yang membuat polisi harus menerapkan sisten buka tutup jalan untuk mengurainya.

Reporter : Henny