Pengedar Shabu di Banyuasin Dibekuk

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Direktorat Polairud Polda Sumsel tangkap tersangka Asnawi (37) yang diduga pengedar Narkotika jenis Sabu di kawasan Desa Upang Induk, Dusun II, Kecamatan Air Saleh, Kabupaten Banyuasin.

Penangkapan tersebut dilakukan oleh petugas pada selasa 30 Juli 2019. Dari tangan tersangka petugas mendapati barang bukti sabu 10,74 gram, 31,5 butir pil ekstasi, uang Rp119 juta, serta senjata api jenis air Soft Gun di rumah tersangka.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi didampingi Wadir Polairud AKBP Bekti Darmanto dan Kasubdit Gakkum AKBP Munaspin mengatakan, penangkapan berawal dari informasi dari masyarakat yang diterima Subdit Gakkum bahwa di Desa tersebut adanya peredaran Narkoba.

“Dari hasil penyelidikan di Desa Upang Induk, berhasil menangkap tersangka dengan barang bukti sabu 10,74 gram, 31,5 butir pil ekstasi dan uang 119 juta yang diduga uang hasil penjualan narkoba serta senjata api jenis air Soft Gun,” katanya, Kamis (1/8).

Menurut Supriadi, keberhasilan ini tidak lepas dukungan dari masyarakat, karena tanpa dukungan dari masyarakat kerja kepolisian tidak akan berhasil.

Menurutnya, tersangka dijerat dengan pasal 114 dan 112 ayat dua UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal diatas lima tahun penjara.

Sementara tersangka Asnawi mengaku, barang haram yang di edarkan didapatkan dari seorang bandar. Selama tiga tahun lebih, dirinya terlebih mengambil barang. Setelah terjual habis barulah dibayarnya.

” Sudah sekitar 3,5 tahun saya mengedarkan sabu di Desa saya karena tidak ada kerjaan lain,” katanya.

Reporter : Alqarni