Berantas Hama Babi Lewat Safari Berburu

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Persatuan Penembak Indonesia (Perbankin) Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengelar kompetisi menembak dalam kegiatan Safari Berburu. Perlombaan yang diikuti 150 peserta dengan sasaran hama Babi di lokasi perkebunan PT London Sumatara (Lonsum).

Kompetisi dibuka langsung oleh Ketua Perbankin Mura, H Aidil Rusman, didampingi anggota DPRD Sumatera Selatan, Hj Hernalina ,Jum’at (23/8) di Lapangan Perbankin Mura di Muara Beliti.

Peserta terbagi dalam 28 tim, yang terdiri dari anggota Polri, TNI, dan Anggota Perbankin Mura, Muratara dan Perbankin Kota Lubuklinggau.

Ketua Panitia, Sujatmiko mengatakan, kegiatan safari berburu dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke 74 Republik Indonesia yang juga menjadi kegiatan rutin setiap tahun Pengcab Perbankin Musra. Bahkan, kegiatan ini sudah dilakukan yang ke sembilan kalinya, sehingga saat ini populasi hama babi di Kabupaten Mura dan daerah tentangga sudah jauh berkurang.

Dia meneruskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dan upaya kepedulian masyarakat dan petani dengan ikut serta pemberantasan hama babi yang selama ini menjadi musuh petani, dan juga sebagai wadah penyaluran hobi menembak bagi anggota Perbankin. Dalam kompetisi tersebut, tim dengan perolehan terbanyak target sasaran akan dianugrasi sebagai juara.

“Kegiatan safari dilaksanakna dua hari, dengan lokasi di perkebunan PT Lonsum di wilayah Kecamatan Muara Lakitan, Muara Kelingi, Megang Sakti Kabupaaten Mura, dan Kecamatan Karang Dapo, Rawas Ilir dan Nibong Kabupaten Muratara. Untuk juara, akan mendapat piagam, tropi dan uang pembinaan sesuai dengan banyaknya target buruan yang dinilai Rp150 ribu perekornya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Perbankin Mura, H Aidil Rusman mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan para peserta hendaknya menjunjung semangat kebersamaan, menjaga stamina dan meningkatkan target buruan hama babi sebanyak-banyaknya, serta menjaga keamanan. Sebab, kegiatan ini juga, merupakan upaya nyata untuk membantu masyarakat baik dikawasan maupun lahan pertanian, karena menganggu karena mengurangi hasil produksi.

“Terimakasih atas partisipasi yang ikut serta dalam kegiatan ini. Sebab hama babi, ini menjadi musuh bagi penati, sehingga diharapkan dapat menekan kerusakan dan penurunan produksi petani. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah anggota Perbankin untuk menyalurkan hobinya,” katanya.

Dia juga mengajak peserta melalui kegiatan ini dapat meningkatkan dan memajukan prestasi olahraga berburu dan juga wadah pembinaan bagi Anggota Perbankin, agar tidak salah menggunakan senjatanya untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Kepala Dinas Pekerja Umum Bina Marga Kabupaten Mura tersebut, juga mengingatkan kepada peserta untuk memahami dan berpedoman pada etika berburu.

Reporter : Wan Asri