ESQ Menguatkan Nilai Intelektual

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Sebanyak 150 siswa-siswi SMP sw Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengikuti Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Kegiatan itu bertujuan untuk untuk menguatkan Nilai Kecerdasan Emotional Quotient (EQ), untuk menguatkan Nilai Keoerdasan Spiritual Quotient (SQ) dan untuk menguatkan Nilai Keoerdasan Intelektual Quotient (IQ). Acara tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti, Selasa (3/9/2019) digedung Bagas Raya Kota Lubuklinggau. Tidak itu saja di saat yang sama Wabup membuka kegiatan pelatihan parenting yang diikuti Tim Penggerak PKK Kecamatan, desa dan kelurahan se Kabupaten Mura.

Wabup, Hj Suwarti mengapresiasikan kegiatan tersebut bahwa Parenting bukan hanya tugas ibu, melainkan tugas kedua orang tua . kedua orang tua sangat penting dalam mendidik anak.

“Saat ini banyak anak-anak kita yang sudah bisa memagang gadget, hal ini tentu harus kita batasi karena akan berdampak pada kepribadian anak. Anak-anak yang dewasa juga harus diawasi penggunaannya jangan sampai disalahgunakan,” katanya.

Selain itu, keluarga memiliki peran penting dalam mewujudkan ketahanan masyarakat. Dimana masing-masing keluarga memiliki peran untuk mendidik keluarganya.

“Ketangguhan keluarga ini dimulai bagaimana masing-masing keluarga itu mendidik keluarganya, dan nanti akhirnya akan diperoleh ketahanan masyarakat yang dimulai esensinya adalah dari keluarga itu sendiri,” ucapnya.

Dirinya menekankan bahwa dalam mendidik anak, orang tua seharusnya memahami bahwa anak-anak memiliki kemampuan, pengetahuan. Serta keterampilan berbeda-beda yang apabila dikembangkan justru dapat mendorong anak-anak untuk berhasil sesuai dengan kemampuannya.

“Diharapkan peserta diminta mengikuti pelatihan ini dengan baik dan diterapkan dalam lingkungan keluarga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mura, Ahmadi Zulkarnain dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan itu untuk menguatkan Nilai Kecerdasan Emotional Quotient (EQ), untuk menguatkan Nilai Keoerdasan Spiritual Quotient (SQ) dan untuk menguatkan Nilai Keoerdasan Intelektual Quotient (IQ).

“Dengan keterpaduan pada Nilai Keperdasan EQ, SQ dan IQ. Diharapkan dapat membentuk karakter dan kepribadian anak bangsa yang tangguh, jujur, adil, arif dan bijak, disiplin serta kreatif,” katanya.

Selanjutnya tujuan Pelatihan Parenting untuk meningkatkan kesadaran bagi orangtua sebagai pendidik yang pertama dan utama, meningkatkan pengetahuan, sikap. dan keterampilan orangtua/keluarga dalam melakukan perawatan, perlindungan.

“Serta meningkatkan dukungan orangtua, keluarga dalam proses pendidikan anak usia dini di lingkungan msyarakat,” harapnya.

Reporter :Wan Asri