Hadiri Wisuda Unpal, Nasrun Umar Himbau Sarjana Mengedepankan Kompetensi Sikap

Hadiri Wisuda Unpal, Nasrun Umar Himbau Sarjana Mengedepankan Kompetensi Sikap

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Nasrun Umar menghadiri Wisuda Sarjana Angkatan XXXII Universitas Palembang, di Hotel Aryaduta Rabu (4/9).

Dalam kata sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar mengatakan, Visi pendidikan tinggi nasional pada hakekatnya adalah membentuk sistem pendidikan tinggi yang sehat dan bermutu, menghasilkan insan beriman, bertaqwa, cerdas, dan terampil.

Oleh karena itu menurutnya, pendidikan tinggi Indonesia harus bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan dapat berkontribusi secara nyata pada peningkatan daya saing bangsa.

“Peran Perguruan Tinggi dalam UU No. 18 tahun 2002 adalah membentuk sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi. Perguruan tinggi bertanggung jawab meningkatkan kemampuan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu menjawab kebutuhan pengguna, khususnya kebutuhan bangsa Indonesia,” ungkapnya

Dalam menghadapi era globalisasi Nasrun menuturkan ditandai dengan persaingan ketat dan arus informasi yang pesat dalam semua sektor, maka Negara dituntut untuk memiliki daya saing yang kuat agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.

“lnovasi menjadi kata kuncinya. Pengalaman berbagai Negara maju menunjukkan bahwa inovasi yang berbasis pada produk penelitian dan pengembangan akan memberi dampak langsung pada peningkatan produktivitas berkelanjutan, yang pada akhirnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa,” tuturnya

“Mahasiswa/Alumni harus mengedepankan “Kompentensi Sikap” karena tanpa sikap yang baik, seorang pintar dan trampil belum tentu dapat berguna, karena mungkin saja kepintaran dan keterampilannya justru digunakan hal-hal yang merugikan masyarakat,” tambahnya Lebih jauh Nasrun mengungkapkan, Lulusan/alumni Universitas Palembang sudah pasti memiliki lapangan pekerjaan baik itu sebagai Wirausaha maupun aparat pemerintahan, maka daripada itu sikap baik berkaitan dengan etika dan tata krama dalam pergaulan adalah tugas lembaga pendidikan untuk membentuk kepribadian mahasiswa/alumni.

“Saya menghimbau kepada Saudara yang di wisuda hari ini kiranya dapat mentaati aturan-aturan yang ada sebagai pedoman dalam berfikir, berucap dan berperilaku. Saudara harus menunjukkan dedikasi maksimal, jangan sampai melakukan bentuk-bentuk penyimpangan yang bisa merusak citra Alumni khususnya Universitas Palembang,” pungkasnya.

Reporter : Sgw