Hutan Nipah Di Sungsang Terbakar, Kodim 0430 Banyuasin Langsung Memadamkannya

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Minggu (8/9) sekitar pukul 15.00 ,anggota Satgas Karhutla Kodim 0430/Banyuasin telah menemukan kebakaran lahan yang terjadi dipinggiran desa Sungsang 1 ,berbatasan dengan sungsang II Kecamatan Banyuasin ll Kabupaten Banyuasin berupa Hutan Nipah dan semak belukar.

Lahan yang terbakar ini pertama kali diketahui oleh warga sekitar dan menginformasikan ke kepala desa dan melaporkannya kepada Babinsa setempat. Mengetahui informasi tersebut tim satgas darat gabungan kodim 0430/Banyu Asin yang terdiri dari anggota TNI/POLRI.Manggala Agni,BPBD dan masyarakat setempat langsung berupaya memadamkam api.Lahan tersebut merupakan lahan desa,dan diduga kebakaran disebabkan oleh manusia dengan sengaja dibakar,akan tetapi tidak teridentifikasi pelakunya,kuat diduga dilakukan oleh masyarakat yang sering memancing ke wilayah tersebut.

Luas lahan terbakar diperkirakan 0,5 Ha yang merupakan lahan ditumbuhi oleh semak belukar dan pohon nipah.Kebakaran terjadi hanya dipermukaan saja,karena lahan bukan merupakan lahan gambut.

Belukar yang mengering dan terbakar memicu kebakaran yang lebih besar lagi hingga membuat pohon nipah terbakar.Dengan menggunakan peralatan pemadam Babinsa,Babinkantibmas beserta masyarakat sekitar mematikan api dengan memanfaatkan sumber air yang ada disekitar parit kanal setempat.

Sekitar pukul 16.00 wib,api dapat dipadamkan.Danramil dan Kapolsek Sungsang mengucapkan terimakasih kepada warga atas cepatnya laporan dari warga dan berterimakasih sekali lagi kepada warga yang sudah bersama sama memadamkan api kebakaran tadi.Disela waktu istirahat setelah memadamkan api,Danramil Kapten.Czi.Rusli juga menghimbau kepada warga agar tidak membakar lahan secara sembarangan,karena akan merugikan banyak orang,terutama bagi kesehatan bersama,ujarnya.

Reporter : Sgw