Dukcapil Mura Raih Top 3 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Musi Rawas meraih penghargaan sebagai Top 3 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Sektor Kependudukan dan Pencatatan Sipil tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019.

Penghargaan dibidang Inovasi yang ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diserahkan langsung oleh Wagub Sumsel H Mawardi Yahyah kepada Kepala Dinas Dukcapil Mura, H Y Mori pada acara Launching Ruang Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (RINDUCAPIL) Provinsi Sumsel Tahun 2019 di Griya Agung Palembang. Senin,(09/09/2019).

Pada Kompetisi yang diikuti oleh seluruh Dinas Dukcapil di Provinsi Sumsel ini, Disdukcapil Mura mengajukan Inovasi terbaru dan sudah diterapkan di Musi Rawas yakni Sentuh Aku Dengan Jarimu (Sajahai).

“Dari 17 Kabupaten dan Kota, ada 12 daerah yang ikut dan setelah diseleksi Sajahai masuk dalam top 6 dan alhamdulilah pada seleksi terakhir Sejahai terpilih menjadi salah satu dari Top 3,”ujar Kadis Dukcapil Mura Y Mori didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP), Yan Nafiah, SH, M.Si usai menerima penghargaan.

Dikatakannya, untuk menjadi Top 3 tidaklah mudah, pasalnya setelah diumumkan terpilih menjadi Top 6, kemudian Tim Provinsi bersama Tim Transformasi GIZ dari Kemenpan RB turun melakukan penilaian ke Disdukcapil kab/kota yang masuk Top 6.

“Inovasi Sajahai ini mengggunakan aplikasi yang sangat sederhana namun berbasis online, yaitu dengan menggunakan aplikasi whatsApp.”jelasnya.

Terkait dengan Inovasi Sajahai, Kabid PDIP Yan Nafiah menjelaskan Inovasi Sejahai ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan, mengingat jarah tempuh yang masih cukup jauh buat masyarakat datang ke kantor Dukcapil.

“Inovasi Sajahai ini lebih menyentuh kepada ibu-ibu hamil yang baru melakukan persalinan di rumah sakit, puskesmas dan bidan desa, tetap tidak menutup kemungkinan untuk ke pengurusan Akta Kelahiran bagi anak-anak yang telah lahir terlebih dahulu sebelum terjadinya perjanjian kerjasama dengan pihak RS Sobirin dan beberapa Puskesmas di Musi Rawas,”ujarnya.

Disamping Akte Kelahiran, lanjut Evie, masyarakat juga langsung mendapatkan Kartu Keluarga dan KIA. Hal ini dilakukan agar seluruh anak yang lahir memiliki akta kelahiran dan akan terwujudnya masyarakat Kabupaten Mura yang tertib administrasi kependudukan.

“Intinya masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke disdukcapil guna mengurus dokumen kependudukan, tapi cukup datang ke petugas yang sudah ditunjuk dengan membawa persyaratan, kemudian syaratnya di foto dan di kirim ke disdukcapil melalui Washapp 08117187187.”ungkapnya

Terakhir, Yan Nafiah mengungkapkan Aplikasi Sajahai ini juga akan digunakan untuk pelayanan Pembuatan Akte Kematian.

“Inovasi ini sekarang diperluas dengan pelayanan akta kematian bagi masyarakat yang melapor dibawah 30 hari,”pungkas
Yan Nafiah, SH. M.Si.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya menghadiri Launching Ruang Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (RINDUCAPIL) Prov. Sumsel Tahun 2019 mengucapkan selamat kepada daerah yang telah melakukan inovasi, diharapkan kedepan dapat terus menciptakan inovasi-inovasi baru agar pelayanan yang diberikan untuk masyarakat semakin baik.

Turut hadir dalam acara ini Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI Prof. Dr. Diah Natalisa, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Akhmad Najib , Asisten III Administrasi dan Umum, Prof. Edwar Juliartha, Kadisdukcapil Sumsel Herfiansyah Djarab, SE, MM., Kadis Kominfo Sumsel H. Achmad Rizwan S.STP, MM serta Kepada Dinas Dukcapil se Sumsel.

Reporter :Wan Asri/rls